STUDI KASUS PERILAKU MEROKOK SISWA SMP NEGERI 4 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING

  • Hesti Putra Jaya Gulo Guru BK di SMK Negeri 1 Mandrehe, Nias Barat
  • Bestari Laia Dosen Universitas Nias Raya
  • Sri Florina L. Zagoto Dosen Universitas Nias Raya
Keywords: Studi kasus perilaku merokok; pelayanan BK; siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perilaku merokok siswa SMP Negeri 4 Amandraya. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan studi kasus perilaku merokok siswa SMP Negeri 4 Amandraya tahun pelajaran 2022/2023 dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan konseling. Jenis penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci penelitian adalah guru bimbingan konseling. Informan tambahan adalah kepala sekolah, PKS Kesiswaan, siswa perokok dan siswa yang bukan perokok.Hasil penelitian dan kesimpulan yaitu kasus merokok yang terjadi di SMP Negeri 4 Amandraya, ada beberapa alasan yang membuat siswa merokok, antara lain yaitu mencontoh dari orang tua yang juga perokok, pengaruh teman, sebagian besar remaja ataupun orang yang merokok memiliki lingkungan pergaulan yang sebagian besar merokok, pengaruh diri sendiri, remaja merokok juga karena faktor ingin tahu serta coba-coba, pengaruh iklan, banyaknya iklan rokok di media cetak, elektronik, dan media luar ruang telah mendorong rasa ingin tahu siswa tentang produk rokok. Implikasinya bagi pelayanan bimbingan konseling bahwa keberadaan guru bimbingan konseling berpengaruh besar terhadap berbagai kegiatan siswa. Peran guru bimbingan konseling, adalah fungsi seorang pengajar atau pendidik yang memegang tanggung jawab dalam membimbing siswa-siswi, membantu siswa-siswi dalam memecahkan masalah di sekolah. Saran 1) Bagi guru BK hendaknya memberikan bimbingan individu yang intensif (dengan sungguh-sungguh melakukan usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta pemahaman tentang perilaku yang baik secara klasikal maupun individual agar siswa dapat terhindar dari masalah perilaku merokok. 3) Orang tua yang mempunyai anak yang bermasalah dan telah di bimbing hendakmya sama-sama bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memantau perkembangan anaknya di lingkungan rumah. 4) Bagi siswa hendaknya tidak melakukan pelanggaran peraturan-peraturan sekolah yang sudah ditetapkanoleh sekolah.

References

Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan dan Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nuhrihsan, A. Juntika. 2014. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: PT. SIC.
Salahudin, Anas. 2016. Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sitepue, Mangku. 2019. Usaha Mencegah Bahaya Merokok. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif: untuk Penelitian yang Bersifat Ekploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta cv.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Gulo, D., & Laia, B. (2023). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 88-98.
Bu’ulolo, P., & Laia, B. (2022). HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 FANAYAMA. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 25-38.
Published
2023-08-24
How to Cite
Gulo, H. P. J., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2023). STUDI KASUS PERILAKU MEROKOK SISWA SMP NEGERI 4 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(2), 10-20. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i2.993

Most read articles by the same author(s)