PERBANDINGAN ANTARA PENERAPAN STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan strategi team quiz dan model pembelajaran concept mapping. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VIII-B dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah dilaksanakan proses pembelajaran pada kelas eksperimen I dan dilakukan tes akhir belajar diperoleh dari 35 orang siswa ada 33 orang siswa yang tuntas dengan persentase 94,29%, sedangkan di kelas eksperimen II dari 31 orang siswa ada 26 orang siswa yang tuntas dengan persentase 83,87%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh . Hal tersebut menunjukkan nilai thitung ttabel. Karena nilai thitung ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak”, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan penerapan Strategi Team Quiz lebih rendah dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Concept Mapping. Beberapa saran dari peneliti yaitu: (1) diharapkan kepada setiap guru mata pelajaran kiranya dapat menjadikan model pembelajaran Concept Mapping sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (2) bagi peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dalam belajar sehingga memperoleh hasil yang sangat memuaskan; (3) hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.
References
Fathurrohman, Pupuh & M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: PT. Refika Aditama
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Istarani. 2011. 58 Model-model, Model dan Strategi Pembelajaran. Medan: Media Persada
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sabri H. Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang: PT. Ciputat Press.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan. Bandung: Kencana.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Sumiati & Asra. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Suprijono. Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Frida Hendari. 2010. Perbedaan Hasil Belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Teams Quiz Dengan model pembelajaran Concept Mapping pada mata pelajaran IPS di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2009/2010. Pendidikan, (Online), Vol. 4, No. 2 (https://journal.uny.ac.id/ index.php/jpe/ article/view/9488. Pdf, diakses April 201
7) Hal 1-10.