PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA DI SMK NEGERI 1 LOLOMATUA

  • Norbert Notaris Giawa Guru Mata Pelajaran Ekonomi
  • Bestari Laia Dosen Universitas Nias Raya
  • Yasozanolo Gaho Dosen Universitas Nias Raya
Keywords: Pengaruh fasilitas laboratorium; jurusan teknik komputer; kompetensi siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium jurusan teknik komputer dan jaringan terhadap Kompetensi siswa. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII jurusanĀ  TKJ yang berjumlah 128 (seratus dua puluh delapan) orang dengan jumlah sampel 29 (dua puluh sembilan) orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan guna mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan maka thitung = 3,243 > ttabel = 1,703 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh fasilitas laboratorium jurusan teknik komputer dan jaringan terhadap kompetensi siswa kelas XI TKJ karena dengan adanya perlengkapan fasilitas laboratorium maka mampu meningkatkan kompetensi siswa. Saran peneliti, kepada pihak sekolah terutama guru mata pelajaran disarankan supaya tetap mengarahkan siswa dalam memanfaatkan laboratorium demi menunjang kompetensi psikomotorik siswa, bagi kepada rekan mahasiswa/i disarankan untuk dapat dilanjutkan tentang pemanfaatan laboratorium terhadap kompetensi psikomotorik siswa dalam cakupan yang lebih luas.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Yusuf, A. Muri. 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Pres.
Elmunsyah. Hakkun. 2012. Studi Manajemen Laboratorium Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Program Keahlian Komputer Jaringan (TKJ) di SMK N. 2 Yogyakarta. Jurnal TEKNO, (Online), Vol. 18, (http://docplayer.info, diakses 17 Juni 2019).
Kertiasih, N.L.P. 2016. Peranan Laboratorium Pendidikan untuk Menunjang Proses Perkuliahan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi, (Online), Vol. 4, No. 2, (http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Rosyidi, S., Rochmawati, N. 2018. Sistem Informasi Aset Laboratorium Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabay. Jurnal Manajemen Informatika, (Online), Vol. 8, No. 2, (http://media.neliti.com, diakses 17 Juni 2019).
Tone, K. 2017. Sistem Pengenolaan Manajemen Laboratorium Komputer Jurusan Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Instek, (Online), Vol. 2, No. 2, (http://media.neliti.com, diakses 17 Juni 2019).
Widihastuti. 2007. Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana Dikota Yokyakarta dalam Pembelajaran KBK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (Online), Vol.10, No. 2, (http://jurnal.uny.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Wijaya, S.A. 2016. Pengelolaan Laboratorium Komputer di SMP Negeri se-Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Jurnal Teknologi Pendidikan, (Online), Vol.1, No. 1, (http://jurnal.student.uny.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Bachrudin. 2011. Sarana Dan Prasarana Laboratorium Komputer Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Piri 1 Yogyakarta, (Online), (http://eprints.uny.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Charles, Herkulana & Rosyid, R. 2008. Kompetensi Siswa dalam Mencatat Jurnal Perusahaan Dagang Pada Siswa Kelas X SMK Kristen Immanuel 2, (Online), (http://media.neliti.com, diakses 17 Juni 2019).
Emda. 2017. Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah, (Online), (http://jurnal.ar.raniry.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Hariyanto, J. 2016. Pengelolaan Pengembangan Laboratorium Teknik Komputer Jaringan, (Online), (eprints.ums.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Muna, I.A. 2016. Optimalisasi fungsi laboratorium IPA melalui Kegiatan Pratikum pada Prodi PGNI jurusan Tarbiah Stain Ponorogo, (Online), (http://media.neliti.com, diakses 17 Juni 2019).
Rodliyah, B. 2011. Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat KKPI pada Siswa Kelas X AP SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011, (Online), (http://lib.unnes.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Waladi, F.H. 2012. Pemanfaatan Laboratorium Komputer Teknik Instalasi Tenaga Listrik dalam Kegiatan Belajar Mengajar SMK N 1 Magelang. (Online), (http://eprints.uny.ac.id, diakses 17 Juni 2019).
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/SAK). 2008. Jakarta: Permendiknas.
Published
2023-09-21
How to Cite
Giawa, N. N., Laia, B., & Gaho, Y. (2023). PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA DI SMK NEGERI 1 LOLOMATUA . Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 174-184. https://doi.org/10.57094/jpe.v4i2.1073