PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAZINO
Abstract
Salah satu permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang tidak sesuai sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mazino yang berjumlah 38 orang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar (tes awal dan tes akhir). Data dianalisa dengan menggunakan uji varians untuk menguji homogenitas dan uji t-test untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media gambar mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan daya analisis siswa dalam memahamai suatu gambar meningkat.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media gambar mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar media gambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran di jenjang SMP karena melalui pembelajaran yang menggunakan media gambar, siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa mampu memahami konsep materi yang diajarkan dengan baik.
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dimyati dan Mudjiono, 2013.Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.
Dzamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. RefikaAditama.
Rajagukguk, Waminton. 2015. Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.
Slameto, 2003.Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2017. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media G