PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGARI 1 LAHUSA

  • Satamani Hulu Guru Mata Pelajaran Ekonomi
  • Bestari Laia Dosen Universitas Nias Raya
  • Ni Luh Ika Windayani Dosen Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri MPU Kuturan Singaraja
Keywords: Model pembelajaran (mastery learning); konvensional; hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangkangi oleh hasil belajar siswa dikelas X SMA Negeri 1 Lahusa, bahwa hasil belajar siswa  kurang aktif dalam belajar disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa melalui Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning. Metode penelitian adalah kuasi ekseperimen dengan menggunakan jenis penlitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Dengan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X-a dengan jumlah 31 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-b dengan jumlah 31 orang siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil hipotesis diperoleh nilai t hitung,> t tabel (4,38>2,00).Hal ini menunjukkan nilai thitung>ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran (Mastery Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa di kelas X SMA Negeri 1 Lahusa. Berdasarkan kesimpulan bahwa siswa mampu menguasai secara tuntas setiap unit bahan pelajaran baik secara perseorangan maupun kelompok pada mata pelajaran ekonomi. Saran yang diajukan peneliti : (1) hendak guru menerapkan Model Pembelajaran Mastery Learning dalam pembelajaran Ekonomi tentang kebutuhan; (2) hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti lain. 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Hakiim, Lukmanul. 2009.Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Hamruni. 2012.Strategi Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani & Pulungan, Intan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO.
. 2017. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, D., Supardi, Muslihah, E. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana
Senja, Nurul WF. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Palimanan Tahun Pelajaran 2014/2015 . Jurnal Logika, (Online), Vol XVII, No.2, (www.jurnal.unswagati.ac.id, diakses Agustus 2016).
Partiwi, Rusdi,& Putri. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery LearningTerhadap Kemampuan Pemencahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA’Aisyiyah 1 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mosharafa, (Online), Vol 6, No.1, (http://e-mosharafa.org/index), diakses Januari 2017.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta. (Online), No pasal 1, (www.lembagaan.ristekdiki.go.id,) diakses Juli 2003.
Published
2023-09-21
How to Cite
Hulu, S., Laia, B., & Windayani, N. L. I. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGARI 1 LAHUSA. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 145-154. https://doi.org/10.57094/jpe.v4i2.1070