EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PEMILIHAN STUDI LANJUT KELAS IX SMP NEGERI
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeksripsikan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok. 2) Mendeskripsikan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. 3) Menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam pemilihan studi lanjut kelas IX. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekataneksperimen yakni one-group pretest-posttest design.Populasi siswa kelas IX SMP Negeri 3 fanayama tahun pembelajaran 2022/2023. Sampel penelitian kelas IX yang berjumlah 28 dimana laki-laki berjumlah 15 dan perempuan 13. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan teknik Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok rata-rata termasuk kategori rendah (53,04%) dengan skor rata-rata 31,82. 2) Tingkat pemilihan studi lanjutsiswa kelas IX setelah diberikan layanan bimbingan kelompok rata-rata termasuk kategori tinggi (70%) dengan skor rata-rata 42. 3) Hasil uji Wilcoxon signed ranks test diperolehzhitung = 4,30 dengan N = 28 dan α = 0,05, Karena Zhitung> 0,05 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkanlayanan bimbingan kelompok efektif dalam pemilihan studi lanjutsiswa kelas.Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang diperoleh, maka peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu sebagai berikut: 1) Kepada pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan dan konseling sehingga pemberian layanan dapat dilakukan dengan variatif dan inovatif. 2) Kepada konselor sekolah hendaknya dapat melaksanakan layanan bimbingan konseling sesuai kebutuhan siswa.
References
Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.
Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020b). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Harefa, D. (2020c). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240.
Harefa, D. (2020d). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234.
Harefa, D. (2020e). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.
Harefa, D. (2020f). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253
Harefa, D. (2020g). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020h). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.
Harefa, D. (2020i). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Harefa, D. (2020j). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.
Harefa, D. (2020k). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116.
Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Cipayung: Gaung Persada (GP) Press.
Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta : CV BUDI UTAMA
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Nadiarenita, dkk. 2016. Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling,(online), vol . 2, No 1 (http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk) Hal. 18
Nurcahyo, Rizky Tri. 2013. Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Jurnal BK UNESA. Vol. 4, No. 1, (email: prodi bk unesa@yahoo.com). Hal. 314
Oktaviana, F. (2014). Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1. Skripsi. Semarang. Universitas Negri Semarang
Prayitno, H dan Amti, Erman. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Subana dan Sudrajat M, Rahadi. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung:
CV. Pustaka Setia
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sukardi Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sulistyarini dan Jauhar. 2014. Dasar-dasar Konseling Panduan Lengkap Memahami Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Konseling. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Tim Pengembang MKDP. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Cet. 5. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/
Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media
yam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Yulita, Rintyatini dan S, Yulia C. S. 2006. Bimbingan dan Konseling SMP: Untuk Kelas IX. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Copyright (c) 2023 Kaminudin Telaumbanua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.