BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77
Dosen Pendidikan Biologi, Universitas Nias Raya, Dosen Pendidikan IPA Universitas Nias Raya
Abstract
Penelitian ini adalah hasil penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan data kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi yang selanjutnya menggunakan pola pikir analisis. Data yang menjadi rujukan peneliti adalah data tentang cara membudidayakan tanaman rosela (Hibiscus sabdariffa) dengan menggunakan Pupuk Organik Gebagro 77 di Desa Faomasi Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolodengan dengan tujuan untuk mengetahui pertumbuhan bibit tanaman rosela dengan menggunakan takaran pupuk yang berbeda-beda.Pemberian takaran yang berbeda – beda di bagi dalam 5 kelompok yang masing masing kelompok memiliki jumlah bibit tanaman sebanyak 5 polibag dan jumlah keseluruhan sebanyak 25 polibag. 5 polibag tanpa menggunakan pupuk (0 gram) dan 20 polibag yang menggunakan pupuk dengan takaran 3 gram (5 polibag), 6 gram (5 polibag), 9 gram (5 polibag), dan 12 gram (5 polibag).Hasil penelitian yang diamati dan dilakukan oleh peneliti sendiri menunjukan bahwa penggunaan pupuk dengan takaran 12 gram memberikan hasil pertumbuhan tinggi budidaya bibit tanaman rosela (Hibiscus sabdariffa) yang sangat baik. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya menggunakan pupuk organik gebagro 77 dengan takaran pupuk 12 gram supaya proses pertumbuhan bibit tanaman rosela berhasil.
References
Fau, Amaano, D. (2020). Pengelolaan Sampah Di Tpa Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Menjadi Pupuk Organik (Merk Multi-Vit). Jurnal Education and Development, 8(3).
Fau., A. (2022). Tanaman Herbal. CV Insan Cendekia Mandiri.
Fau, A. (2015). PENENTUAN KADAR UREA SECARA POTENSIOMETRI. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, 9(1), 5239.
Fau, A. (2020a). PEMANFAATAN JENIS TANAMAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN JAMU DI DAERAH SEKITAR TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Education and Development, 8(2).
Fau, A. (2020b). STUDI KEANEKARAGAMAN HAYATI SEBAGAI SARANA EDUKASI EKOWISATA DI KAWASAN AIR TERJUN BAHO MAJӧ DESA BAWӧDOBARA. Jurnal Education and Development, 8(1).
Fau, A. (2020c). STUDI KEANEKARAGAMAN HAYATI SEBAGAI SARANA EDUKASI EKOWISATA DI KAWASAN AIR TERJUN BAHO MAJӧ DESA BAWӧDOBARA. Jurnal Education and Development, 8(1), 289–289.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332.
Harefa, D, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18.
Harefa, Darmawan., D. (2022a). Aplikasi & Praktek Kewirausahaan.
Harefa, Darmawan., D. (2022b). Aplikasi Pembelajaran Matematika.
Harefa. D., D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Terintergrasi Brainstorming Berbasis Modul Matematika SMP. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 270–289.
Harefa, D. (2019). THE EFFECT OF GUIDE NOTE TAKING INSTRUCTIONAL MODEL TOWARDS PHYSICS LEARNING OUTCOMES ON HARMONIOUS VIBRATIONS. JOSAR (Journal of Students Academic Research) URL, 4(1), 131–145. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/i ndex.php/josar/article/view/1109
Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020b). Pemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Madani: Indonesia Journal of Civil Society, 2(2), 28–36. https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/madani/article/view/233
Harefa, D. (2020c). Pemanfaatan Sole Sebagai Media Penghantar Panas Dalam Pembuatan Babae Makan Khas NIAS Selatan. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 87–91. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/5358
Harefa, D. (2020d). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 112–117.
Harefa, D. (2020e). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi Dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25–36.
Harefa, D. (2020f). Perkembangan Belajar Sains Dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group.
Harefa, D. (2020g). Ringkasan Rumus & Latihan Soal Fisika Dasar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Harefa, D. (2022a). Catatan berbagai metode & pengalaman mengajar dosen di perguruan tinggi.
Harefa, D. (2022b). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D., Ndruru, K., Gee, E., & Ndruru, M. (2020). MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTERGRASI BRAINSTORMING BERBASIS. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 270–289.
Sarumaha, M., D. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–50.
Sarumaha, M; Harefa, D. (2022). GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT INTEGRATED SCIENCE LEARNING OUTCOMES. Jurnal Ndrumi, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI/article/view/452
Sarumaha, M. D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookchapter Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: KOMMAS, 3(2), 150–155. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/19418
a