Author Guidelines

Steps For Online Submission

 

After having username/password for logging in into Pareto : Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, the author will be brought into online author submission interface where the author should click “new submission” or click “click here” in the start new submission section.

 

Step 1 – Starting The Submission: The author should check-mark the journal check list and it should be appropriate with the article’s content. The author can give comment to the editor in the comments for editor section.

 

Step 2 – Uploading The Submission: To upload the manuscript into the journal, click browse/choose file on the upload submission file and choose the manuscript document file (.doc/.docx) to be submitted, then click “upload” button until the file has been uploaded.

 

Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.

 

Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button. If there is no supplementary files to be uploaded just click “save and continue” button.

 

Step – 5 Confirming The Submission: Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Pareto : Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, click Finish Submission button after the documents are true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgment by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.

 

After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes a status of manuscript review and editorial process.

 

Paper atau tulisan yang akan diserahkan harus menurut batasan-batasan berikut:

  1. Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan pada media lain.
  2. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang: kebijakan, penelitian, pemikiran, review konsep/teori, resensi buku baru dan informasi lain yang berkaitan dengan permasalahan bidang teknologi informasi.
  3. Naskah harus diserahkan secara online melalui situs web jurnal. Penulis harus log in untuk menyerahkan naskah.  Untuk panduan penyerahan naskah lihat di menu online submission.
  4. Pendaftaran online tidak dipungut biaya (APC Free).

FORMAT

  1. Kertas yang digunakan adalah A4
  2. Batas tepi bawah, atas, kanan, dan kiri adalah 2 cm
  3. Font yang digunakan Palatino Linotype dengan ukuran font 12 pt
  4. Judulnya ditulis dengan huruf tegak (sejajar tengah) dengan gaya penulisan piramida terbalik dan dicetak tebal
  5. Judul, nama penulis, dan abstrak ditulis dalam satu kolom sedangkan isi artikel ditulis dalam dua kolom. Jarak antara kolom adalah 0,5 cm.
  6. Jarak antara judul dan nama penulis adalah 1 spasi
  7. Nama penulis ditulis dengan huruf besar awal dan huruf kecil lainnya (tanpa judul), jika lebih dari satu penulis kemudian menggunakan pembatas koma, dan nama penulis diberi nomor dengan bentuk superskrip (Cntrl+shift++).
  8. Setelah nama penulis ditulis, profesi dan agensi penulis (lihat format di atas)
  9. Setelah profesi dan institut penulis dilanjutkan dengan penulisan email penulis dan dibuat dalam tanda kurung (lihat format di atas)
  10. Jarak antara email penulis dan abstrak adalah 1 spasi
  11. Huruf pertama dalam kata-kata abstrak menggunakan huruf kapital sedangkan huruf lainnya adalah huruf kecil. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan jumlah kata maksimal 150 kata dengan spasi tunggal.
  12. Kata kunci ditulis dalam 3-5 kata. Jarak antara isi abstrak dan kata kunci adalah satu spasi (spasi ganda). Setiap kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;) dan setiap kata ditulis dalam huruf kecil dan dicetak miring.
  13. Jarak antara kata kunci dan isi artikel adalah 2 spasi.
  14. Isi artikel ditulis dalam urutan pendahuluan, metodologi, hasil penelitian dan diskusi, penutup, dan daftar pustaka dalam bentuk kolom surat kabar (2 kolom) dan semua judul bab dicetak tebal. Huruf pertama dalam judul bab menggunakan huruf kapital.
  15. Setiap tulisan kata asing harus dicetak miring.
  16. Penulisan gambar, tabel, diagram, dan grafik ditulis di tengah (sejajar tengah), dengan susunan dimulai dengan kata Tabel/Gambar/Diagram diikuti dengan angka (Tabel 1/Gambar 1/Diagram 1). Di bawah ini tertulis nama tabel/gambar/diagram. Kemudian isi Tabel/Gambar/Diagram ditulis dengan ukuran/ukuran font 10. Jika terlalu besar, dibuat dalam bentuk gambar/foto.
  17. Nomor halaman tulisan ditulis di sudut kanan bawah kertas.
  18. Artikel ditulis minimal 10 halaman dan maksimal 15 halaman.
  19. Kutipan dan Referensi ditulis mengikuti standar APSA (lihat template di situs web APSA)

APSA (American Political Science Review) terutama digunakan dalam ilmu politik, dengan aturan khusus untuk dokumen dari pemerintah Amerika Serikat.

Contoh kutipan APSA (buku)

Dinatarnya;

  1. Gaya APSA pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart dan Simmons 2014).

  1. Entri daftar referensi gaya APSA

Stewart, Dave, dan Mark Simmons. 2010. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collid. Berkeley: New Riders Press.

  1. Petunjuk penulisan lebih rinci dapat dilihat dan diunduh pada di link berikut https://docs.google.com/document/d/1mA-zTkTI36vBuSl7WCExDV3Wfcqvg3T-/edit