ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA PERIBAHASA NIAS DI DESA BALOHAO KECAMATAN ARAMO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman peneliti bahwa peribahasa dalam bahasa Nias khususnya di desa Balohao kecamatan Aramo, semuanya memiliki makna konotatif yang tidak semua orang Nias memahami artinya. Selain itu, merupakan salah satu peran peneliti dalam melestarikan sastra dalam bahasa Nias khususnya peribahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna konotatif peribahasa Nias pada acara pernikahan di desa Balõhao Kecamatan Aramõ. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Balohao kecamatan Aramo yang akan mengadakan acara pernikahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah ada tiga macam yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan paparan data dan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa makna konotatif peribahasa Nias di desa Balõhao kecamatan Aramõ terdapat 22 (dua puluh dua) peribahasa yang sering pada acara pernikahan di desa Balõhao kecamatan Aramõ. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan (1) mahasiswa dan masyarakat supaya mengupayakan atau melestarikan peribahasa Nias yang dapat memberikan nasihat dan sebagai tanda identitas pembicara dalam suatu kaum. (2) Adanya perhatian dari pihak pemerintah terhadap pelestarian peribahasa Nias dengan menerapkan adanya kebijakan terhadap bahasa. (3) Untuk melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan objek penelitian ini.
References
Alviani, Puput. 2021. Cakap Peribahasa Puisi baru dan Pantun. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Alwasilah, Chaedar A. 2011. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.
Amilia, Fitri dan Anggraeni, Widyaruli Astri. 2017. Semantik. Malang: Madani.
Amrudin, Muskananfola, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Antika, Rindi Tamia. 2020. Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos Pada Lagu “Lathi” Karya Weird Genius. Jurnal Sastra. 9(2): 61-71. https://garuda.kemdikbud.go.id diakses tanggal 22 November 2022.
Aslinda & Syafyahya Leni. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Butar-Butar. 2021. Semantik. Medan: Umsupress.
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Equatora, Muhammad Ali dan Manting Lollong.2021. Teknik Pengumpulan Data Klien. PT. Lontr Digital Asia.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Finoza, Lamuddin. 1993. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.
Gaurifa, M., Harefa, D., (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–55
Gea, Titian Berkat. 2014. Analisis Ruang Persepsi Masyarakat Nias pada Metafora dalam Amaedola. Jurnal Sastra. 3(4): 1-16 https://jurnal.unimed.ac.id diakses tanggal 20 November 2022.
Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students' Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Hermawan, Sigit dan Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Malang: Media Nusa Creative.
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Juhara, Erwan. Budiman, Eryandi dan Rohayati, Rita. 2005. Cendekia Berbahasa. Jakarta: PT. Setia Purna Inves.
Keraf, Gorys. 2017. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Laia, M. F (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 27–44
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Muhammad Zaenuddin Arif. 2016. Analisis Makna Denotatif Dan Konotatif Pada Teks Laporan Hasil Observasi Karangan Siswa Kelas VII MTs Negeri Surakarta II. Skripsi diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Erlangga.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: CV. Budi Utama.
Saifullah, Ruhendi Aceng. 2018. Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Sarumaha, W, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26.
Sinaga, Yanti Claudia. 2021. Analisis Makna Denotasi dan Konotasi pada Lirik Lagu “Celengan Rindu” Karya Fiersa Besari. Jurnal Metabasa. 3(1): 41-55. https://jurnal.unsil.ac.id diakses tanggal 20 November 2022.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.
Umar, Sidiq dan Choiri, Miftachul, Moh. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.