ANALISIS KARAKTER TOKOH PADA FILM SANG PRAWIRA KARYA ONETH ADITHIA RIZLAN

  • Antonia Meilinda Ndruru Universitas Nias Raya
Keywords: Kata Kunci: film; karakter; tokoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh yang terdapat dalam film “Sang Prawira”. Sumber data dalam penelitian ini adalah film “Sang Prawira”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti memutar film “Sang Prawira” secara berulang-ulang, mencatat kejadian dan tuturan yang menggambarkan karakteristik tokoh, selanjutnya menganalisis tuturan dan peristiwa tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam film “Sang Prawira”, terdapat sembilan orang tokoh. Karakter tokoh Horas  bersifat baik, penyayang, sopan, bijaksana, rendah hati, pandai, tegar. Ibu Horas memiliki sifat yang bijak dan pembela. Nauli memiliki sifat yang bijak dan sopan. Bapak Horas memiliki sifat yang keras kepala dan pemarah. Lambok memiliki sifat yang pemalas, iri dan emosional. Gomgom memiliki sifat yang pengganggu dan juga pendendam.  Mamak Tiur memiliki sifat yang kejam. Rumondang memiliki sifat pembela sedangkan  Tiur  memiliki sifat yang sama dengan Rumondang yaitu sifat  pembela. Dapat disimpulkan bahwa karakter tokoh dalam film “Sang Prawira” memiliki  keunikan masing-masing, yaitu  mengangkat hubungan antara orang tua dan anaknya, perjuangan meraih cita-cita, pengabdian untuk negara, persahabatan hingga persoalan tentang asmara.

References

Adisusilo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alfhatoni dan Manesah. 2020. Pengantar Teori Film. Yogyakarta: Deepublish.

Ali. 2018. Pendidikan Karater Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Andrian 2019 Mogaele (Sumber: https://www.museum-nias tarian-musik diakses 10 maret 2019.

Batubara, A. K. 2012. Membangun Kreativitas Pustakawan Di Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, (Online), Vol.6, No.2, (http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/768, diakses 19 Juni 2023).

Damariswara. 2018. Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Ganteng Banyuwangi.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Ependi, Pratiwi, Ningsih, Kamilah, Wijayanto, Dermawan, Hutapea, Yusuf, Indarwati, Alamsyah, Sholikhah, Efendi, Subiantoro, & Wibowo. 2023. Pendidikan Karakter. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Gaurifa, M., Harefa, D., (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–55

Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711

Hardani, Andriani, Ustiawaty, Utami, Istiqomah, Fardani, Sukmana, & Auliya. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.

Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students' Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.

Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Hartarini dan Widyaningrum. 2023. Pengantar Ilmu Sastra. Bojong: PT Nasya Expanding Management.

Ibda dan Ahmadi. 2022. Media Literasi Sekolah. ed. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.

Kasmawati, Isnaini, Muhhammadiah, Septriani, Bakri, Sudaryati, Taufik, Puspidalia, & Arianto. 2023. Teori Sastra. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Khoiri, Susilawati, Hamidah, Kusuma, Suharyanto, Sumarni, Natalie, Arifin, Ernayani, & Khasanah. 2023. Teori Pendidikan Karakter. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Lafamane, F. 2020. Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). (Online). (https://osf.io/bp6eh/download, diakses 19 Juni 2023).

Laia, M. F (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 27–44

Lickona. 2013. Mendidik Untuk Membentuk karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Mulyasah. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Museum Pusaka Nias, Tarian dan Musik 2016 Tari Mogaele Pesta Ya’ahowu, Teluk Dalam.

Nurgiantoro, B. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. 2018. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, (Online), Vol.3, No.2, (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/2689, diakses 18 Juni 2023).

Pratista, Himawan. 2017. memahami Film. Montase Press.

Purwanto. 2021. Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Indonesia Emas Group.

Qadriani, N., dan kawan-kawan. 2022. Sosialisasi Sastra Dan Film Sebagai Sebuah Penelitian Ilmiah Di Mahasiswa Sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, (Online), Vol.1, No.2, (https://jurnal.fib-unmul.id/ruhuirahayu/article/view/44, diakses 7 Juni 2023).

Ramadhanti. 2018. Apresiasi Prosa Indonesia. Sleman: Deepublish.

Royana, L. F., Harfiandi, H., & Mahmud, T. 2021. Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Drama Untuk Siswa Kelas XI Mipa 6 SMAN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, (Online), Vol.2, No.1, (https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/350/187, diakses 26 Juni 2023).

Saputra dan Saifuddin. 2020. Analisis Semiotika Pada Film. Sukabumi: Haura Utama.

Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.

Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html

Sarumaha, W, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26.

Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistyorini, H. 2013. Penggunaan Media Film Dalam Pengajaran Satra Berjenis Prosa dan Drama (Analisis Film The Wolfman Karya Joe Johnston). (Online), (http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/779, diakses 20 Juni 2023). (Online). Vol. 2 No. 1 (https:// jurnal. unimed.ac.id, di akses 5 April 2022).

Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.

Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.

Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/

Wahyuningsih. 2019. Film dan Dakwah. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Wajiran. 2022. Pengantar Pengkajian Sastra: Karya Sastra dan Dinamika Sosial Politik. Yogyakarta: UAD Press.

Wicaksono, Roza, Syaefudin, Yunita, Nurhasanah, Hartati, Anggaira, Emawati, Rukiyah, Puspita, Idawati, … Ryeo. 2018. Tentang Sastra Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.

Published
2024-07-31
How to Cite
Ndruru, A. M. (2024). ANALISIS KARAKTER TOKOH PADA FILM SANG PRAWIRA KARYA ONETH ADITHIA RIZLAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 204-214. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1326