TEACHERS' STRATEGIES IN TEACHING VOCABULARY AT THE EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 1 TELUK DALAM.
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan analisis strategi guru dalam meningkatkan kosakata di kelas VII SMP Negeri 1 Teluk Dalam. Pengajaran kosakata bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa dan juga harus dilengkapi dengan strategi yang cocok untuk siswa. Para guru menggunakan strategi untuk meningkatkan dan memperkaya kosakata siswa serta memperlancar proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam mengajar kosakata dan penerapan strategi tersebut dalam interaksi kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat lima strategi yang digunkan oleh guru Bahasa Inggris selama interaksi kelas, yaitu (1) kata-kata untuk setiap hari, (2) pendapat ekslusif, (3) redefenisi kontekstual, (4) prediksi, definisi, dan koneksi, (5) “apa arti nama?”. Implementasi strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris kepada siswa (1) memperkenalkan kata-kata lisan dan tulisan seperti berdoa, salam, permisi, dan sebagainya, (2) memilih kata-kata yang berkaitan dengan materi, tidak berkaitan dengan materi dan ambigu, (3) mendefinisikan kalimat dengan menggunakan kamus kemudian mendefinisikan ulang dengan memodifikasi kalimat, (4) memprediksikan definisi kata atau kalimat berdasarkan hubungannya dengan konteks, (5) mencari kosakata baik kata atau kalimat dan maknanya yang dibuat dalam sebuah tabel atau mind mapping, dan menggunakan kamus secara rutin. Strategi-startegi tersebut relevan untuk mengajarkan kosakata kepada siswa karena guru dapat mengabungkan lebih dari satu strategi dalam satu pertemuan. Dapat disimpulkan bahwa startegi tersebut dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata siswa, lebih memperkaya dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Oleh karena itu, disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan strategi-strategi tersebut dalam proses belajar mengajar.
References
A Tafonao, Y Waruwu, SM Telaumbanua. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. FANY KOTA GUNUNG SITOLI. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS NIAS SELATAN 7 (1), 9-17
BIR Hz, RE Laiya, MS Sarumaha. (2023). Navigating English Writing Proficiency Tests in the Era of Artificial Intelligence. Journal of English Education and Teaching 7 (3), 480-498
Brown, H Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. 5th ed. San Francisco: Pearson Longman.
Brunner, Judy Tilton. 2011. I Don ’ t Get It ! Helping Students Understand What They Read. New york: Roman & Littlefield Education.
Creswell, John W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. 3rd ed. Singapore: SAGE.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Gay, L R, Geoffrey Geoffrey Mills, and Peter W Airasian. 2012. Educational Research Competencies Fo Analysis and Applications. 10th ed. United States: Pearson.
H Laia, S Zagoto, S Wau. (2022). AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING IN LINKIN PARK “A THOUSAND SUNS ALBUM” Research on English Language Education 4 (1), 11-18.
I Zagoto, RD Laia (2021). STUDENTS’ERROR IN CONSTRUCTING PASSIVE VOICE. Jurnal Education and Development 9 (2), 609-610
I Zagoto, RD Laia, S Wau, MY Laia. (2022). Definition Paragraph: Problem Faced By Students. Jurnal Education and Development 10 (1), 584-587
I Zagoto, RD Laia, S Wau. (2023). SENTENCE STRUCTURE ERROR IN WRITING NARRATIVE PARAGRAPH. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 6 (2), 247-251
Mccarthy, Michael. 2023. English Vocabulary the Basics. London and New york: Routledge.
MS Dharma Kelana Putra, Wahyu Wiji Astuti, REL aizisiwa Sarumaha . (2021). Mengenal Baru:Wastra Unik dari Pulau Nias. HABA 100, 32-38
MS Sarumaha, RE Laiya. (2023). Mengembangkan Kemampuan Desa pada Pelaksanaan Studibanding di Silimalombu sebagai Smart Village. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) 3 (1), 75-83
MS Sarumaha, RE Laiya. (2023). Teachers' Ability to Construct Learning Through the Scramble Learning Model Approach in Schools. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 4 (4), 577-589
MY Laia, FA Wau. (2022). SLANG EXPRESSION USED BY AUSTRALIAN TOURIST AT SORAKE BEACH SOUTH NIAS REGENCY. Ndrumi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora 5 (2), 1-11
MY Laia. (2021). Learning Strategies Of Students High And Low Achievement. Jurnal Education and Development 9 (2), 669-673
PD Laia, S Wau, RD Laia, MY Laia. (2022). QUESTIONING STRATEGIS USED BY ENGLISH TEACHER DURING CLASSROOM INTERACTION AT EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 1 TELUKDALAM. Research on English Language Education 4 (2), 47-54
R Gee, RE Laiya, T Telaumbanua. (2022). AN ANALYSIS OF DENOTATIVE AND CONNOTATIVE MEANING SELECTED JUSTIN FT KID LAROI SONGS LYRIC. Research on English Language Education 4 (2), 40-46
RE Laiya. (2021). Nature Study as a Learning Method of Character Education for Homeschooling Learners
RE Laiya. (2022). FALAGA SEBUAH BUDAYA POP ANAK MUDA PANTAI SORAKE (KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK). Prosiding Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya (KOLITA) 20 (20), 301-305
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. 6th ed. United States: Pearson. T Telaumbanua, F Hulu, B Laia. (2022). SOSIALISASI PROGRAM KERJA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA GOLADANO. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2), 125-128
T Telaumbanua. (2022). MEANING OF IDIOMATIC. Research on English Language Education 4 (2), 7-12
T Ziliwu, RE Laiya, HS Fau. (2022). ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (2), 1-10
TAE Telaumbanua, IN Kardana, NW Kasni. (2022). Grammatical Alliance of South Nias Dialect. KnE Social Sciences, 204-214
Telaumbanua, S.M.,Dkk. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah Vol 9, No 2 (2023): May 2023
YTV Fau, AS Bago, T Telaumbanua. (2024). Nature Study as a Learning Method of Character Education for Homeschooling Learners. Jurnal Biogenerasi 9 (1), 724-731