PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS PADA MATERI PANCA INDERA
Abstract
Kesulitan dalam memahami materi panca indera oleh karena cakupan yang begitu luas dan membutuhkan pemahaman konsep yang terarah, sehingga dibutuhkan LKPD berbasis HOTS untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS pada materi Panca Indera yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan Plomp. Penelitian ini diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Dharma Caraka Telukdalam yang berjumlah 20 orang. Untuk menstandarisasi produk, dilakukan dengan melalui tiga tahap uji, yaitu: uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Instrumen yang digunakan ialah angket penilaian serta soal tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid dengan presentase 95,31 % dan layak digunakan. Nilai rata-rata praktikalitas yang dinilai oleh guru 3,65 dan siswa 3,48 berada pada kategori sangat praktis. Hasil motivasi siswa berada pada 87,52% dengan rata-rata nilai hasil belajar kognitif 92,55 dibandingkan dengan sebelum menggunakan media dengan rata-rata 58,8. Berdasarkan hasil penelitian ini maka Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS pada materi Panca Indera dinyatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Produk LKPD yang dihasilkan digolongkan kedalam bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan sebelumnya, maka adapun beberapa yang ,menjadi saran dalam penelitian ini adalah, sebagai berikut: Melalui bahan ajar ini, siswa dapat menambah pengetahuannya dan hasil belajarnya dengan menggunakan LKPD berbasis HOTS lainnya, Hendaknya guru mata pelajaran Biologi dapat menggunakan LKPD berbasis HOTS pada materi Panca Indera ini dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa,Bagi peneliti selanjutnya, LKPD berbasis HOTS ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam penelitian yang relevan.
References
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Gaurifa, M., Harefa, D., (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–55
Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students' Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Laia, M. F (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 27–44
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Pandemi Covid-19. 786236.
Pawestri, E. & Zulfiati, H. M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SD Muhammadiyah Danunegaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Vol. 6 No. 3.
Rahayau Dewi Dan Budiyono. 2018.Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. JPGSD Vol.06 No.3.
Rahmawati & Wulandari. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semseter Genap Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol. VIII No. 3.
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Sarumaha, W, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26.
Sucipto. 2017. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No 1.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung. Alfabeta.
Sumarta, Yulia Pratiwi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Literasi Sains Pada Materi Ekologi Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Sma/Ma. Masters Thesis, Unimed.
Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.
Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003; Tentang Tujuan Pendidikan Nasional
Uneri, Alfi Fadhilah (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester II. Skripsi Thesis, Universitas Negeri Padang.
Wahyuningsih, Dkk. 2019. HOTS (High Order Thinking Skill) Dan Kaitannya Dengan Keterampilan Genesi Sains Dalam Pembelajaran IPA SD. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Zebua, Nofamataro (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Scientific Terintegrasi Dalam Blogspot Untuk Siswa Sma Negeri 1 Telukdalam. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 143 - 154. https://doi.org/10.57094/faguru.v1i2.677
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.
Ziraluo, Y. P. B., Zebua, N., & Zebua, E. N. K. (2023). BIODIVERSITAS DAN KEKERABATAN FENETIK ANTARA SPESIES ANGGOTA FAMILI ARACEAE BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 123-136.