PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN BARANG BEKAS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS X SMA NEGERI 1 GOMO

  • Meiwati Telaumbanua Universitas Nias Raya
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; barang bekas; sistem pencernaan manusia

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah bahwa penggunaan media dari barang bekas ini masih belum adanya pemanfaatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga proses belajar mengajar hanya terfokus pada buku paket dan kurang menarik perhatian siswa, dikarenakan masih kurangnya pengetahuan guru dalam memanfaatkan barang bekas yang dijadikan sebagai  media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan barang bekas  pada materi sistem pencernaan manusia yang valid, praktis, dan efektif.. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model pengembangan four-D dengan metode penelitian pengembangan (Researvh and Development).  Dimana hasil validasi yang dilakukan oleh validator  dengan nilai rata-rata 3,5 dan nilai presentase 92,0% kategori sangat valid, respon guru terhadap media yang digunakan dengan nilai rata-rata 4 kategori sangat praktis, hasil uji praktikalitas oleh siswa dengan nilai-rata-rata 3,5 katergori sangat praktis, hasil pengamatan motivasi siswa dengan nilai rata-rata 3,5 kategori sangat tinggi dan ranah kognitif sebelum menggunakan media dari barang bekas dengan nilai rata-rata 66,6/lulus sedangkan ranah kognitif menggunakan media dari barang bekas dengan nilai rata-rata 87,4/lulus. Maka melalui hasil tersebut disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan barang bekas, praktis dan efektif, untuk menunjang hasil belajar siswa. Saran peneliti yaitu hendaknya guru mata pelajaran biologi dapat menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan barang bekas  ini sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar serta melalui bahan ajar ini semoga siswa dapat memperluas wawasannya mengenai pembelajaran biologi kemudian, bagi peneliti selanjutnya agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam penelitian yang relevan.

References

Collpy. 2000. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif: Surabaya: UNAAIR (AUP). Cilombang III Ciawigebang-Kuningan.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Dewantara. 2011. Sistem Pencernaan Manusia. Bandung: PT. PAKAR RAYA.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Gaurifa, M., Harefa, D., (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–55

Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711

Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.

Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students' Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.

Jansa, Ibrahim. 2021. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, Uswatun, Chasanah . 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung-Jawa Barat : Media Sains Indonesia.

Laia, M. F (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 27–44

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Pandemi Covid-19. 786236.

Philosophy. 2010. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: DIVA Pers.

Purwanto, Yuli, Prihandini, Wahyu, Peni. 2016. Prosedur Rancangan Percobaan Untuk Bidang Perternakan : Jakarta :UI Pulishhing Anggota IKAPI & APPTI.

Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.

Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html

Sarumaha, W, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA cv.

Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.

Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/

Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.

Published
2024-07-31
How to Cite
Telaumbanua, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN BARANG BEKAS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS X SMA NEGERI 1 GOMO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 171-183. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1310