PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KUIS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS X SMA NEGERI 2 HURUNA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Abstract
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah tersebut, peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada materi pokok virus melalui peningkatan hasil belajar siswa melalui kuis berbasis highear order thinking skills (HOTS) Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan tindakan kelas/ptk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Huruna yang berjumlah 32 orang dimana 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Supaya pembelajaran kita ini juga berhaasil seorang guru harus mengunakan model pembelajaran yang kreatif yang dapat membantu siswa dalam belajar dalam semangat lagi dalam belajar dengan menggunakan model pembalajran yang disenangi oleh siswa dan menyesuaikan kondisi dan memaksimalkan proses pembelajaran tersebut dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran siswa harus mencari tahu yang harus dipelajarinya pada saat itu sehingga proses pembelajaran terbut berhasil dan dapat mencapai kompetensi dasar yang dicapai dan dalam proses pembelajaran ini juga dan peserta didik serta siswa juga harus memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditentukan dalam setiap setiap sekolah. Dan mau tidak mau siswa harus belajar lebih semangat lagi dalam belajar demi memenuhi target yang sudah ditentukan disekolah tersebut dan guru hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan materi yang lebih luas. sehingga model pembelajaran ini tidak hanya digunakan pada materi pokok virus saja.
References
A Sarumaha, HT La’ia.(2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1), 26-40
A Tafonao, Y Waruwu, SM Telaumbanua. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. FANY KOTA GUNUNG SITOLI. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS NIAS SELATAN 7 (1), 9-17
Al-Tabany, T, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,
Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Kurikulum Tematik Integratif/TKI. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aris Putra Laia. 2022. Makna Famesao Ono Nihalö Pada Acara Pernikahan Di Desa Simandraölö Kecamatan O’o’u FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 28-41
BIR Hz, RE Laiya, MS Sarumaha. (2023). Navigating English Writing Proficiency Tests in the Era of Artificial Intelligence. Journal of English Education and Teaching 7 (3), 480-498
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Depdiknas. 2007. Pengolahan Nilai. Jakarta: Rineka Cipta.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Ferlina Loi. 2022.Kemampuan Mengungkapkan Pengalaman Pribadi Siswa SMP Negeri 1 Toma Kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316
H Laia, S Zagoto, S Wau. (2022). AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING IN LINKIN PARK “A THOUSAND SUNS ALBUM” Research on English Language Education 4 (1), 11-18.
Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik, 7(2), 49–73.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil belajar Fisika Ditinjau dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 (1), 35-48.
Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020b). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.
Helmawati. 2019 . Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung; Penerbit Remaja Rosdakarya
Hendriawan, D dan Usmaedi U. 2019. Penerapan Pembelajaran High Order Thingking Skills (HOST) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, Vol. II, No. II (online, di akses https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/19 ).
HT Laia, A Sarumaha, A Tafonao (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Education and Development 10 (1), 588-595
I Zagoto, RD Laia (2021). STUDENTS’ERROR IN CONSTRUCTING PASSIVE VOICE. Jurnal Education and Development 9 (2), 609-610
I Zagoto, RD Laia, S Wau, MY Laia. (2022). Definition Paragraph: Problem Faced By Students. Jurnal Education and Development 10 (1), 584-587
I Zagoto, RD Laia, S Wau. (2023). SENTENCE STRUCTURE ERROR IN WRITING NARRATIVE PARAGRAPH. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 6 (2), 247-251
Kasihani Giawa. 2022. analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Membaca Teks Pidato Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lölöwa’u. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 317-326
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspekti Guru dan Siswa. Bandung. September. Penerbit PT REMAJA ROSDAKARYA.
Lawuna. B. 2022. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Di Kelas VIII SMP Swasta Kristen BNKP Mazino Tahun Pembelajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 18-27
Lince Sulvan Waruwu.2022.Kemampuan Menulis Cerita Pendek SISWA SMP Swasta KristeN BNKP Telukdalam KelaS IX-2 Tahun Ajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2),267-275
Maduwu, F. D. A. 2022. Studi Biodeversitas Ikan Air Tawar Di Sungai Gewa Sebagai Indikator Kesehatan Lingkungan , FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 10-17
Meiriza Ardiana dan Sudarmin.2015. Penerapan Self Assessment untuk Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik, “ Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 9, No I ( online, diakses di HTTPS://doi.org/10.15294/jipk.v9i1.4813 )
MS Dharma Kelana Putra, Wahyu Wiji Astuti, REL aizisiwa Sarumaha . (2021). Mengenal Baru:Wastra Unik dari Pulau Nias. HABA 100, 32-38
MS Sarumaha, RE Laiya. (2023). Mengembangkan Kemampuan Desa pada Pelaksanaan Studibanding di Silimalombu sebagai Smart Village. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) 3 (1), 75-83
MS Sarumaha, RE Laiya. (2023). Teachers' Ability to Construct Learning Through the Scramble Learning Model Approach in Schools. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 4 (4), 577-589
MY Laia, FA Wau. (2022). SLANG EXPRESSION USED BY AUSTRALIAN TOURIST AT SORAKE BEACH SOUTH NIAS REGENCY. Ndrumi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora 5 (2), 1-11
MY Laia. (2021). Learning Strategies Of Students High And Low Achievement. Jurnal Education and Development 9 (2), 669-673
Nugroho, A. 2s018. HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Konsep, Pembelajaran, Peenilaian, dan Soal-soal. Jakarta; Gramedia Widiasarana Indonesia.
Patrisia Sonia Sarumah.2022.Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama Tahun Pembelajaran 2021/2022. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 276-285.
PD Laia, S Wau, RD Laia, MY Laia. (2022). QUESTIONING STRATEGIS USED BY ENGLISH TEACHER DURING CLASSROOM INTERACTION AT EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 1 TELUKDALAM. Research on English Language Education 4 (2), 47-54
R Gee, RE Laiya, T Telaumbanua. (2022). AN ANALYSIS OF DENOTATIVE AND CONNOTATIVE MEANING SELECTED JUSTIN FT KID LAROI SONGS LYRIC. Research on English Language Education 4 (2), 40-46
RE Laiya. (2021). Nature Study as a Learning Method of Character Education for Homeschooling Learners
RE Laiya. (2022). FALAGA SEBUAH BUDAYA POP ANAK MUDA PANTAI SORAKE (KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK). Prosiding Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya (KOLITA) 20 (20), 301-305
Ricca Albertin Zalogo.2022.Metaphor In Westlife Songs Lyric Of Spectrum Album. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 286-294
Rofiah Emi. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika vol 1, No.II (online, akses di http://jurnal.fkip.uns.ac.id)
Servasia Setia Hati Wehalo. 2022. Pengaruh Ekstrak Daun Dan Akar Alang-Alang Terhadap Pertumbuhan Pakis Sayur (Diplazium Esculentum). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 42-54
Sofyan, F. A. ( Maret 2019 ). Implementasi HOST pada kurikulum 2013. Jurnal invent vol 3, No I (0nline, akses di http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5476o ).
Sri Indah Wahyuni Laia. 2022. Idiomatic Expression In Dangerous Album By Michael Joseph Jackson. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumber dari Dokumen
T Telaumbanua, F Hulu, B Laia. (2022). SOSIALISASI PROGRAM KERJA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA GOLADANO. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2), 125-128
T Telaumbanua. (2022). MEANING OF IDIOMATIC. Research on English Language Education 4 (2), 7-12
T Ziliwu, RE Laiya, HS Fau. (2022). ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (2), 1-10
TAE Telaumbanua, IN Kardana, NW Kasni. (2022). Grammatical Alliance of South Nias Dialect. KnE Social Sciences, 204-214
Telaumbanua, S.M.,Dkk. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah Vol 9, No 2 (2023): May 2023
Tilaar,H.A.R dkk. (2011). Pedagogik kritis: perkembanga, substansi dan perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka cipta uno, H. (2012). Assesment pembelajaran. Jakarta. Modul.
Wau, Christiana Surya W. 2022. students’ Difficulties In Writing Definition Paragraph At The Third Semester Students Of English Language Education Study Program Of STKIP Nias Selatan. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 1-9
Widar W. Maduwu. 2022. Pelayanan Klinik Gloria Dalam Memberikan Layanan Informasi Kesehatan Pasien (Implikasi Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 55-66
YTV Fau, AS Bago, T Telaumbanua. (2024). Nature Study as a Learning Method of Character Education for Homeschooling Learners. Jurnal Biogenerasi 9 (1), 724-731