ANALISIS KALIMAT TANYA DALAM BAHASA NIAS SELATAN DIALEK TELUK DALAM DESA HILIGANÖWÖ

  • Agnes Ewin Gaurifa Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa
Keywords: syntax, interrogative, sentences, Nias language

Abstract

Based on the background of the problem, this researchs is unique in that partial interrogative sentences begin with the letter H and total interrogative sentences begin with the letters M, H, G, and S. the aim of this researchs is to describe the form of partial interrogative sentences in the South Nias language, Teluk Dalam dialect. Hiliganöwö village and total interrogative sentences in South Nias language, Teluk Dalam dialect, Hiliganöwö village. This type of researchs is qualitative researchs with descriptive methods. The objects of this researchs are traditional leaders and several Hiliganöwö Village communities with the number of informants being four (4) people with an age range of 40-60 years. The data colletion technique is a semi- structured interview technique. The data analysis technique in this researchs are data reduction, data display, and verification. The results of this research show that in Hiliganöwö village there are partial question sentences forms that begin with letter H, namely Hadia, Haega, Hamega, Hanata, Hana, and Haegaiwaisa. And the total interrogative sentence form begins with the letters M, H, G, and S, namely moguna khou embe anda wa?, Hadia mamoi ndraugö mowoli barabara ba fasa wa?, gömöi ba fasa mahemolu wa?, so khömi mböra wa?. The suggestions put forward by the researchers are for teachers, this research is used as a comparision material with Indonesian question sentences, and of course it can help students learn the Nias language better.

References

Afriani, Kurniawan, dkk. 2022. Linguistik Umum. Padang Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Amien, dan Punjabi Enha. 2020. Top Score Psikotes. Yogyakarta: Genta group production

Amin. 2022. Sintaksis Bahasa Arab.Makassar: Nas Media Pustaka.

Arista, Heni Dwi dan Setiawati, Eti. 2018. Piranti Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional (Kajian Pragmatik). Malang: UB Press.

Azhar, Miscahaya, Ritongan. 2008. Bahasa Indonesia Praktis. Medan: Bartong Jaya.

Bohalima, I. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMAS KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Buulolo, L. H. (2022). PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 225–238.

Buulolo, S. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.

Buulolo, S. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Buulolo, S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Buulolo, S., & Guru. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 257–266.

Daeli, M. (2022). PEMANFAATAN TANAMAN KENCANA UNGU ( RUELLIA TUBEROSA ) SEBAGAI OBAT HERBAL DI DESA EHO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 193–203.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Dewi, Wendi Widya Ratna. 2018. Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Finowa’a, S. (2022). TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM MENJALANKAN PROGRAM-PROGRAM DI DESA HILISOROMI KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 239–250.

Fitri, Saputra. 2020. Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia. Surakarta: CV Kekata Group.

Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). DEVELOPMENT OF A CARTESIAN COORDINATE MODULE TO THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING THE ROUND CLUB LEARNING MODEL ON MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 154–164.

Gowasa, S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 128–142.

Gulo, E. (2022). PRODUCTIVITY IN NOVEL ALICE’S ADVENTURE IN WONDERLAND. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Guroho, Pratani, Wahyudi. 2017. Bahasa Indonesia Kesehatan. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Hafrianto, Mulyadi. 2018. Kalimat Tanya Dalam BahasaMelayu Dialek Tamiang. LITERA, (Online), Vol. 17. No. 2 (htt/www. Jurnal. Uny. ac.id, diakses 6 april 2023).

Harefa D., dkk. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18.

Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minat belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan dan Lingusitik 7 (2), 49 - 73

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 (1), 35-48)

Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786.

Harefa, D. (2019). The Effect Of Guide Note Taking Instructional Model Towards Physics Learning Outcomes On Harmonious Vibrations. JOSAR (Journal of Students Academic Research). 4 (1), 131 -145

Harefa, D. (2020) . Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.

Harefa, D. (2020) Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1 (2), (35-40)

Harefa, D. (2020). Belajar Fisika Dasar untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2020). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40

Harefa, D. (2020). Pemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Madani: Indonesia Journal of Civil Society, 2 (2), 28-36

Harefa, D. (2020). Pemanfaatan Sole Sebagai Media Penghantar Panas Dalam Pembuatan Babae Makan Khas Nias Selatan. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2) 87-91

Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6 (3), 225-240

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development 8 (1), 231-231

Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8 (3), 112-117

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Prediction Guide. Indonesian Journal of Education and Learning, 4 (1), 399-407

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8 (1), 01-18

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 25-36

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786

Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3 (2), 161-186

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116

Harefa, D. (2020). Perkembangan Belajar Sains dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group

Harefa, D. (2020). Ringkasan, Rumus & Latihan Soal Fisika Dasar. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2023a). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023b). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’INTEREST IN LEARNING AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 112–122.

Harefa, D., dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatifve Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26.

Harefa, D., dkk. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. PM Publisher.

Harefa, D., Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. PM Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan. PM Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Hartati, M. (2022). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRATIKUM JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS. DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 ARAMO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.

Hidayanti, Puspitasari, Yanti. 2022. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Media Sains Indonesia.

Jauhari. 2022. Berbahasa Santun Bagi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Nusa Tenggara Barat. Sival.

Kariana, N., & Gohae, W. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Kristanto. 2021. Bahasa Dan Sastra Dalam Kajian Kontemporer. Jawa Tengah. Lakeisha.

Laia, Finra. 2023. Kata Tanya Dalam Konstruksi Interogatif Dialek Bahasa Nias Utara di Siwalubanua dan Dialek Bahasa Nias Selatan di Hilisatarö Nandisa. Tidak diterbitkan. Nias Selatan: Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Laia, H. L. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DALAM MATERI PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Laia, I. S. (2022). PEMANFATAAN CIPLUKAN (PHYSALIS ANGULATA) SEBAGAI TANAMAN OBAT HIPERTENSI DI DESA MOHILIKECAMATAN AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 119–127.

Lase, A. L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL DATA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Loi, K. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 204–215.

Mariana, Saputra. 2020. Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Surabaya: CV. Jasad Media Publishing.

Martaulina. 2018. Bahasa Indonesia Terapan. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Ndruru, D. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PELUANG UNTUK MENINGKATKAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 108–118.

Ndruru, Y. S. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATANiKONTEKSTUALiUNTUKiMENINGKATKAN PEMAHAMANiKONSEPiSISWAiKELASiXIIiSMA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 180–192.

Nugraheni. 2019. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Purwono, Y., Sulasmiyati, S., Susiana, H., Setiawan, A., & Roslaini, R. (2023). The development of an attidude measurement instrument of responsibility for primary school students. Arisen: Assessment and Research on Education, 5(1), 1–9.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Raya, U. N. (2023). ANALYSIS OF MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY IN LINEAR EQUALIES AND INEQUALITY ONE VARIABLE OF CLASS VII STUDENTS OF SMP DOMICILI VILLAGE NANOWA LEARNING YEAR. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10.

S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.

Saraswati, Desi. 2011. Indonesia Kaya Bahasa. Jakarta. Pacu Minat Baca.

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

Sitasi. 2018. Variasi Bahasa Nias: Sebuah Kajian Dealektologi. Disertasi. Universitas Sematera Utara, Medan.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. 2013. Pengantar Ilmu Linguistik. Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA.

T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.

Tarigan. 2021. Pengantar Sintaksis. Bandung. Angkasara.

Tarigan. 2021. Prinsip-prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasara.

Waya, H. S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82–94.

Wehalo, F. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KELAS VIII SM P SWAST A K RI STEN BNK P TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Wijono. 2012. Bahasa Indonesia. Jakarta. PT Gramaedia Widiasarana Indonesia.

Yendri. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa. Yogyakarta. Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Yosodipuro. 2020. Pintar Pidato Kita Menjadi Orator Hebat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yuliati, Unsiah. 2018. Pengantar Ilmu Linguistik. Malang. UB Press.

Zebua, E. N. K. (2022). STUDI ETOLOGI SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) PADA KONDISI HABITAT YANG BERBEDA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 95–107.

Zebua, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS SCIENTIFIC TERINTEGRASI DALAM BLOGSPOT UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Published
2024-02-05
How to Cite
Agnes Ewin Gaurifa. (2024). ANALISIS KALIMAT TANYA DALAM BAHASA NIAS SELATAN DIALEK TELUK DALAM DESA HILIGANÖWÖ. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1), 1-17. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i1.1184