Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks pada Kelas XI-MIA SMA Swasta Kampus Teluk Dalam

  • Indahsari Duha Universitas Nias Raya
Keywords: Analisis Kesalahan; faktor; Materi Matriks.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan yang dilakukan siswa Kelas XI-MIA SMA Swasta Kampus Teluk Dalam pada saat menyelesaikan soal matriks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI-MIA SMA Swasta Kampus Teluk Dalam yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini dari keseluruhan jawaban siswa menunjukkan siswa melakukan kesalahan fakta sebanyak 15%, kesalahan konsep sebanyak 49,7%, kesalahan prinsip sebanyak 30,7%, dan kesalahan operasi pada penelitian ini sebanyak 4,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI-MIA SMA Swasta Kampus Teluk Dalam melakukan kesalahan paling tinggi yaitu kesalahan konsep. Berdasarkan hasil dan kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan agar siswa lebih sering mengerjakan soal dan memahami konsep-konsep yang ada pada materi matriks agar terbiasa dan paham menyelesaikan soal yang diberikan.

References

Ananda, rio Pradipta, Sanapiah, dan Sri Yuliyanti. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut.” media pendidikan matematika 6. doi: https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). DEVELOPMENT OF A CARTESIAN COORDINATE MODULE TO THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING THE ROUND CLUB LEARNING MODEL ON MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 154–164.

Harefa, Darmawan. 2023. “The Relationship Between Students’ Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes.” Afore:Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2.

Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Harefa, D. (2023a). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023b). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’INTEREST IN LEARNING AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 112–122.

Herman, Suherman, dan Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Khairani, Bella Putri, dan Kartini. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10 nomor 3.

Moleong, Lexy j. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ndruru, D. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PELUANG UNTUK MENINGKATKAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 108–118.

Ndruru, Y. S. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATANiKONTEKSTUALiUNTUKiMENINGKATKAN PEMAHAMANiKONSEPiSISWAiKELASiXIIiSMA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 180–192.

Sarumaha, karolus sanononi, Rohpinus Sarumaha, dan Efrata Gee. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV di Kelas VIII SMPN 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021.” Afore:Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. 5 ed. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dikjen Dikti Depdiknas.

Subagyo. 2006. Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. 25 ed. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni, V. wiratn. 2014. metodologi penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Surven, Antonius Sarumaha, dan hestu tansil La’ia. 2022. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi SPLTV Kelas X SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2021/2022.” Afore:Jurnal Pendidikan Matematika vol 1 No 1.

S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. 2 ed. diedit oleh yayat sri Hayati. Jakarta: Bumi Aksara.

Wau, hesti anjani, Darmawan Harefa, dan Rohpinus Sarumaha. 2022. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021.” Afore:Jurnal Pendidikan Matematika vol.1 no.1.

Wijaya, A. A. &. Masriyah. 2013. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” MATHEdenusa.

Waya, H. S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82–94.

Wehalo, F. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KELAS VIII SM P SWAST A K RI STEN BNK P TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Zebua, E. N. K. (2022). STUDI ETOLOGI SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) PADA KONDISI HABITAT YANG BERBEDA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 95–107.

Zebua, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS SCIENTIFIC TERINTEGRASI DALAM BLOGSPOT UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Ziliwu, Syukur hati, Rohpinus Sarumaha, dan Darmawan Harefa. 2022. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Pada Materi Transformasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021.” Afore:Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1

Published
2023-07-31
How to Cite
Duha, I. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks pada Kelas XI-MIA SMA Swasta Kampus Teluk Dalam . FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(2), 214-224. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i2.1164