PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 PULAU-PULAU BATU TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa cenderung rendah. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran open ended learning pada siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 1 Pulau-pulau Batu Tahun Pelajaran 2023/2024 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Pulau-pulau Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, dan siswa berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran, yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran open ended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Pulau-pulau Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) Kepada siswa, hendaknya lebih aktif dan berani mengungkapkan pendapat atau bertanya kepada guru saat dilaksanakan pembelajaran 2) Kepada guru, hendaknya melakukan inovasi dalam pelaksanaaan proses pembelajaran, pemilihan model pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi dan kemampuan siswa 3) Kepada sekolah, hendaknya menghimbau guru untuk menggunakan model pembelajaran aktif dan menyenangkan seperti model pembelajaran open ended learning sehingga akan menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal 4) Kepada peneliti lainnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian tindakan kelas, sehingga dapat mengembangkan penelitian di bidang pendidikan.
References
Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.
Amin dan Sumendap Linda Yurike Susan. 2022. Model Pembelajaran Kontemporer. Jakarta: PT. Pustaka Pelajar.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). DEVELOPMENT OF A CARTESIAN COORDINATE MODULE TO THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING THE ROUND CLUB LEARNING MODEL ON MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 154–164.
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.
Harefa, D. (2020a). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 112–117.
Harefa, D. (2020b). Perkembangan Belajar Sains Dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group.
Harefa, D. (2020c). Ringkasan Rumus & Latihan Soal Fisika Dasar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2023a). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023b). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’INTEREST IN LEARNING AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 112–122.
Haryanto. 2021. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Lombok Tengah: PT. Pusat pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: PT. Gaung Persada.
Isrok’atun dan Rosmala Amelia. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT. Refika Aditama.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tidakan Kelas: sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhsyanur. 2021. Model Pemodelan dalam Pembelajaran: Mendesain Pembelajaran Menjadi Berkarakter dan Berkualitas. Bandung: PT. Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI).
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Aswaja Pressindo.
Nurgiyantoro. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: PT. BPFE-Yogyakarta.
Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwono, Y., Sulasmiyati, S., Susiana, H., Setiawan, A., & Roslaini, R. (2023). The development of an attidude measurement instrument of responsibility for primary school students. Arisen: Assessment and Research on Education, 5(1), 1–9.
S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.