PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI DESA GUNUNG CAHAYA KECAMATAN SIROMBU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pemerolehan bahasa anak-anak usia 2-3 tahun masih belum bisa melafalkan dan memperkaya kosakata, belum bisa mengutarakan apa yang mereka inginkan melalui kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan kata dasar dan kata berafiks pada proses pemerolehan bahasa pertama anak usia 2-3 tahun. Sumber data pada penelitian ini adalah ujaran anak-anak. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti menyiapkan alat rekam, alat tulis dan buku, mendatangi tempat anak-anak yang sedang berbicara sambil merekam. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelian ini, peneliti menemukan beberapa kata dasar dan kata berafiks yang digunakan oleh anak-anak usia 2-3 tahun yang berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi yang bersifat (deklaratif) kepada keluarga, teman dan lain sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa anak-anak di desa Gunung Cahaya Kecamatan Sirombu cenderung menggunakan bahasa Nias sebagai pertamanya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada mahasiswa agar melaksanakan penelitian lanjutan terkait dengan pemerolehan bahasa pertama. Kepada orangtua agar mempertimbangkan setiap bahasa yang akan dijadikan sebagai bahasa pertama si anak. Karena jika anak kurang menguasai bahasa pertamanya maka akan sulit mengetahui bahasa kedua. Kepada guru agar mempersiapkan metode dan cara yang sesuai untuk meningkatkan kecakapan anak dalam berkomunikasi.
References
Amajihono, S. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Arisman Telaumbanua. (2023). ANALISIS UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI DALAM KARANGAN EKSPOSISI YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MAZOT.A2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 44–55.
Bohalima, I. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMAS KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).
Buulolo, L. H. (2022). PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 225–238.
Buulolo, S. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.
Buulolo, S. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).
Buulolo, S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).
Buulolo, S., & Guru. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 257–266.
Chaer, Abdul. 2014. Lingustik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dewi, Ratna. 2018. Morfologi Bahasa Indonesia. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Duha, A. (2023). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SELEMBAR ITU BERARTI KARYASURYAMAN AMIPRIONO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 56–69.
Ekowati, Sri Harini. 2021. Kajian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Endah, Nur., Rahmayanti, Dwi Apriliani., dan Supriatna, Ejang. 2018. Pemerolehan Bahasa Pertama Tserhadap Anak Usia 2-3 Tahun menurut Tataran Morfologi dan Sintaksis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 5 (Online) http://journal.ikpsiliwangi.ac.id., diakses 1 Februari 2023.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Gusriani, Atika dan Yanti, Zherry Putria. 2022. Psikolinguistik (Teori dan Analisis). Pasanan: C.V. Azka Pustaka.
Giawa, M. I. P. (2022). ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATIKARYA NH. DINI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Gulo, F. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X IIS-B SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Halawa, M. (2021). GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA NOVEL “JALAN PASTI BERUJUNG” KARYA BENYARIS ADONIA PARDOSI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–11.
Hia, M. (2023). ANALISIS MAKNA METAFORA DALAM ALBUM LETTO BEST OF THE BEST CIPTAAN NOE LETTO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–12.
Laia, H. L. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DALAM MATERI PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).
Laia, I. S. (2022). PEMANFATAAN CIPLUKAN (PHYSALIS ANGULATA) SEBAGAI TANAMAN OBAT HIPERTENSI DI DESA MOHILIKECAMATAN AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 119–127.
Lase, A. L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL DATA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).
Loi, K. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 204–215.
Laia, E. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13–23.
Laia, F. (2022). KESALAHAN TATA BAHASA PADA SURAT IZIN DISEKOLAH YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Laia, F. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 24–35.
Laia, L. S. B. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELALAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Manao, M. M. (2021). PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERITA “SETENGAH PECAH. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Mahmud, Saifudin dan Idham, Muhammad. 2019. Teori Belajar Bahasa. Banda Aceh: Syah Kuala University Press. Darussalam.
Nafisah, Aisyah Durrotun. 2022. Iklusi Dalam PAUD: Teori Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Ni’mah, Jauharotun dan Rahmawati, Fatya Nia. 2022. Psikolinguistik Perkenalan Awal. Solok Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media. Sumatra Barat.
Purba, Jhon Hericson; Susanti, Ratna; Dhari, Wulan; Jalal, Novita Maulidya; Kuswoyo, Heri; Saputra, Nanda; Shiddiq, Jamaluddin; Ningsih, Sri; Khusnah, Wakhibah Dwi; Suharti, sri. 2021. Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Purwono, Y., Sulasmiyati, S., Susiana, H., Setiawan, A., & Roslaini, R. (2023). The development of an attidude measurement instrument of responsibility for primary school students. Arisen: Assessment and Research on Education, 5(1), 1–9.
S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Saputra, Nanda; Meilana, F. Septi; Amilia, Jantung Delora; Rosidah, Tur Cholifah, Widy, Fini Agustinaa dan Pratiwi, Ayu Diani. 2021. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
Simpen, I Wayan. 2021. Morfologi Kajian Proses Pembentukan Kata. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Siregar, Alfitiani. 2018. Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Sudarwati, Emy; Perdhani, Widya Caterine dan Budiana Nia. 2017. Pengantar Psikolinguistik. Malang: UB Press.
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Psikolinguistik. Angkasa. Bandung.
T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.
Widyanasari, Meilinda Ika., 2020. Pemerolehan Bahasa Bidang Morfologi Anak Usia 2-4 Tahun di Dusun Krajan Desa Kayen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 3 (Online) http://repositori.stippacitan.ac.id., diakses 1 Februari 2023.