PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SUSUA

  • Iren Permatasari Laia Universitas Nias Raya
Keywords: Multimedia Interaktif; Pengembangan; Canva.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan multimedia interaktif berbasis canva pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Susua yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D. Multimedia interaktif merupakan jenis multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol untuk digunakan pengguna, sehingga tergantung pada pengguna untuk memutuskan atau memilih proses berjalannya multimedia itu. Adapun hasil penelitian yang dapatkan melalui angket yang telah dibagikan ternyata bahwa multimedia interaktif berbasis canva yang diujicobakan sangat valid, praktis, dan efektif. Motivasi siswa dikategorikan sangat tinggi. Serta hasil belajar siswa pada ranah kognitif menyatakan hasil yang sangat baik. Maka dengan hasil tersebut disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis canva  valid, praktis, dan efektif untuk menunjang hasil belajar siswa. Saran peneliti yaitu (1) bagi guru mata pelajaran hendaknya dapat menggunakan multimedia interaktif berbasis canva sebagai multimedia dalam proses belajar mengajar karena ini dapat digunakan sebagai salah satu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. (2) melalui multimediainteraktif ini semoga siswa dapat memperluas wawasannya mengenai pembelajara IPA pada materi sistem ekskresi (3) bagi peneliti selanjutnya, multimedia interaktif berbasis canva sistem ekskresi dapat dijadikan sebagai referensi dalam penelitian yang relevan.

References

Afandi, M. Chamalah E, & Wardani, P.O 2013. Model dan metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Arikunto Suharsimi, 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Akasar

Bohalima, I. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMAS KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Buulolo, L. H. (2022). PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 225–238.

Buulolo, S. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.

Buulolo, S. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Buulolo, S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Buulolo, S., & Guru. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 257–266.

Daeli, M. (2022). PEMANFAATAN TANAMAN KENCANA UNGU ( RUELLIA TUBEROSA ) SEBAGAI OBAT HERBAL DI DESA EHO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 193–203.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). DEVELOPMENT OF A CARTESIAN COORDINATE MODULE TO THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING THE ROUND CLUB LEARNING MODEL ON MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 154–164.

Finowa’a, S. (2022). TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM MENJALANKAN PROGRAM-PROGRAM DI DESA HILISOROMI KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 239–250.

Gowasa, S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 128–142.

Gulo, E. (2022). PRODUCTIVITY IN NOVEL ALICE’S ADVENTURE IN WONDERLAND. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Hartati, M. (2022). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRATIKUM JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS. DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 ARAMO. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 216–224.

Hermawan, 2005. Penelitian Bisnis Paradigm Kusntitstif. Jakarta Penerbit Erlangga.

Munir, 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Purwono, Y., Sulasmiyati, S., Susiana, H., Setiawan, A., & Roslaini, R. (2023). The development of an attidude measurement instrument of responsibility for primary school students. Arisen: Assessment and Research on Education, 5(1), 1–9.

Rahmasari, Erisa Adayanti, dkk. 2021. Kajian Usability Desain Canva: Sudi Casus Penggunaan Mahasiswa Desain. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia

Suardi, 2018. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta. CV. BUDI UTAMA.

Sudjana, 2019. Metode statistika. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kancana .

Yuliawati, F. Dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidikan Profesional. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Zebua, N. 2023. Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Guru dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan.

Waya, H. S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82–94.

Wehalo, F. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KELAS VIII SM P SWAST A K RI STEN BNK P TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).

Zebua, E. N. K. (2022). STUDI ETOLOGI SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) PADA KONDISI HABITAT YANG BERBEDA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 95–107.

Zebua, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS SCIENTIFIC TERINTEGRASI DALAM BLOGSPOT UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).

Published
2023-07-31
How to Cite
Laia, I. P. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SUSUA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(2), 283-296. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i2.1106