PERAN GURU BAHASA INDONESIA SEBAGAI FASILITATOR BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 FANAYAMA T.P. 2022/2023

  • Samiti Zagoto Universitas Nias Raya
Keywords: Peran, Guru, Fasilitator

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bahasa Indonesia sebagai fasilitator bagi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif.  Sumber data  dalam penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia. Teknik pengambilan data berupa teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator kepada peserta didik dalam kelas. Peran guru dalam pendidikan sangatlah penting terutama sebagai fasilitator dalam mempersiapkan generasi emas pada masa mendatang. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan (1) hendaknya guru memberikan pembelajaran yang menarik atau tidak membosankan sehingga memunculkan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia; (2) guru hendaknya meningkatkan perannya sebagai fasilitator bagi siswa kelas VII agar proses pembelajaran di dalam kelas lebih menyenangkan; (3) hendaknya pihak sekolah SMP Negeri 4 Fanayama berusaha untuk melengkapi fasilitas belajar siswa yang diperlukan agar proses perkembangan belajar anak didik lebih meningkat; (4) kiranya dalam penelitian ini memotivasi pembaca untuk mengkaji peran guru bahasa Indonesia sebagai fasiltator bagi siswa di kelas VII, agar pembaca khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat mengetahui dan menjalankan dengan baik peran guru sebagai fasilitator ke depannya.

References

Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.

Agustina, R. 2017. Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri I Wonosobo Kabupaten Tanggamus, (Online), http://repository.radenintan.ac.id/1727/

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Farih, Muhammad Nurul. 2020. Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah Di Sma Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan, (Online), http://lib.unnes.ac.id/42774/1/3101413045%20-%20Nurul%20Farih.pdf

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.

Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2020b). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Harefa, D. (2020c). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240.

Harefa, D. (2020d). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234.

Harefa, D. (2020e). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Harefa, D. (2020f). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Harefa, D. (2020g). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Harefa, D. (2020h). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.

Harefa, D. (2020i). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Harefa, D. (2020j). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.

Harefa, D. (2020k). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116.

Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.

Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Husein, Latifah. 2017. Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta : CV BUDI UTAMA

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Oktaviana, F. (2014). Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1. Skripsi. Semarang. Universitas Negri Semarang

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html

Shofiya, S. & Kartika, S.B. 2020. Peran Guru IPA SMP Sebagai Fasilitator Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah, (Online), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/28566

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional.. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsono, Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif : Teori Dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

yam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.

Yamin, Martinis. 2009. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: GP. Press.

Published
2023-10-26
How to Cite
Zagoto, S. (2023). PERAN GURU BAHASA INDONESIA SEBAGAI FASILITATOR BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 FANAYAMA T.P. 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(2), 87-98. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i2.1042