PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGIDI SMP NEGERI 2 AMANDRAYA

  • Murnihati Sarumaha Universitas Nias Raya
Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping; Hasil Belajar Siswa; Tahapan Perkembangan Pada Manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 65 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-B berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,748 dan ttabel sebesar 2,018. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel. Karna nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Mind Mappingberpengaruh terhadaphasil belajar kognitif siswa. diharapkan kepada setiap guru mata pelajaran IPA Biologi supaya menerapkan model pembelajaran Mind Mapping demi meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa, serta dapat memperbaiki cara belajar mengajar serta menjadi bahan referensi kepada peneliti lanjutan yang relevan dengan penelitian ini.

References

Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.

Amelia. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar siswa kelas V SDI Ummul Quaro Bekasi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi.

Arikunto, Suharsim. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Buulolo, D. (2023). PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH ( Piper betle L ) TERHADAP MORTALITAS WALANG SANGIT. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 50–60.

Buulolo, T. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH CAIR AMPAS TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.). Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 0–14.

Daeli, D. Y. (2023). STUDI ETNOBOTANI TANAMAN OBAT TRADISIONAL PADA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 1–16.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Departemen Dinas Pendidikan Nasional. 2004. Buku Rapor SMA. Jakarta.

Depdiknas. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Desiana.2014.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind MappingTerhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Padang Tahun Pembelajaran 2013/2014.Jurnal Skripsi.

Djamarah & Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Febriana. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Mind MappingTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di kelas IX MTs Negeri Lembah Gumanti Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi.

Hamzah, A. 2013.Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Rajawali Pers.

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.

Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2020b). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Harefa, D. (2020c). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240.

Harefa, D. (2020d). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234.

Harefa, D. (2020e). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Harefa, D. (2020f). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Harefa, D. (2020g). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Harefa, D. (2020h). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.

Harefa, D. (2020i). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Harefa, D. (2020j). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.

Harefa, D. (2020k). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116.

Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.

Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Harefa, S. K. (2022). PEMANFAATAN DAUN BANDOTAN (Ageratum conyzoides L.) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA BAWOZA’UA KECAMATAN TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2012. Kumpulan 56 Model Pembelajaran untuk Revolusi Pengajaran. Medan: CV ISCOM.

Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi

Kurniasih, I. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lincah Cerdik Hulu, Amaano Fau, M. S. (2022). PEMANFAATAN DAUN SIRIH HIJAU (Piper Betle L) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI KECAMATAN LAHUSA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta : CV BUDI UTAMA

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Marturia Kharisda Wati Giawa, Ujianhati Zega, A. F. (2022). PENGARUH LARUTAN AJINOMOTO (MONOSODIUM GLUTAMAT ) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELEDRI (APIUM GRAVEOLUS L.). Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Mekhiran Halawa, Amaano Fau, M. S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN KULIT PISANG KEPOK (Musa parasidiaca) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.). Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Ndruru, A. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 17–29.

Ndruru, Y. M. (2022). PENGARUH LIMBAH KULIT BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAM TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.). Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Nehe, Y. N. (2023). 3 P-ISSN: 2715-1999, E-ISSN : 2829-0909 Universitas Nias Raya PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Oktaviana, F. (2014). Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1. Skripsi. Semarang. Universitas Negri Semarang

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alafabeta.

Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html

Sarumaha, T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VIRTUAL. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 30–39.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprijono. A. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Susanto. 2013. Metode pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Syamsuri.2006. IPA Biologi untuk SMP Kelas VIII-A. Jakarta: Erlangga.

Telaumbanua, M. (2023b). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI CYCLE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII-B SMP SMP NEGERI 1. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2).

Toni Hidayat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Telaumbanua, M. (2023a). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta:Kencana.

Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/

Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media

yam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.

Zubaidah, Sarah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPASiswa KelasVIIISMPNegeri1Polanharjo Klaten SemesterGenapTahun Ajaran2015/2016. Jurnal Skripsi.

Published
2023-11-15
How to Cite
Murnihati Sarumaha. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGIDI SMP NEGERI 2 AMANDRAYA . TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 14-28. https://doi.org/10.57094/tunas.v4i2.1157