KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA SMP

  • Mastawati Ndruru Universitas Nias
Keywords: kemampuan; menulis; surat dinas

Abstract

Penelitian didasarkan pada kurangnya tingkat kemampuan menulis surat dinas siswa yang dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah  yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan  menulis surat dinas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan  menulis surat dinas pada siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Telukdalam. Metode yang digunakan dalam penlitian adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX terbagi  atas  enam  ruang  dan  peneliti  mengambil  sampel  kelas  IX-D  yang  berjumlah  33  siswa.  Instrumen  pengumpulan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini, yaitu  tes hasil belajar siswa. Tes  yang  diberikan  pada  siswa  adalah  menulis  surat  dinas. Teknik  pengolahan  data  dilakukan  dengan  teknik  análisis  statistik  secara  kuantitatif. Pengolahan  data  dilakukan  dengan  cara  mencari  nilai  rata-rata  (mean)  berdasarkan  kemampuan belajar siswa.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  tingkat  kemampuan   menulis surat dinas pada siswa berdasarkan aspek-aspek  yang dinilai  untuk  mengukur  kemampuan  menulis  surat  dinas  yaitu  (1)  kesesuaian  isi  surat,  (2)  kesatuan dan kepaduan paragraf, (3) ketepatan penulisan surat, (4) penggunaan ejaan, dan (5) ketepatan pilihan kata  (diksi) adalah 76,55. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis surat dinas  pada  siswa  kelas IX-D termasuk kategori baik. Berdasarkan  hasil di  atas,  maka peneliti  mengemukakan  beberapa  saran yaitu: (1) hendaknya para guru bidang studi bahasa Indonesia khususnya SMP perlu  meningkatkan  kualitas  cara pengajaran, penerapan dalam menulis surat dinas; (2) guru diharapkan  dalam  pengajaran  meningkatkan  kemampuan menulis surat dinas serta siswa diberikan motivasi untuk lebih berpikir secara kritis terhadap apa yang akan ditulisnya; (3) peneliti lain diharapkan  dapat  dijadikan  masukan  dan gambaran  dalam  meneliti  kemampuan  surat  dinas  dan  dapat memanfaatkan sebagai bahan rujukan.

References

untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.

Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2020b). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Harefa, D. (2020c). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240.

Harefa, D. (2020d). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234.

Harefa, D. (2020e). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Harefa, D. (2020f). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Harefa, D. (2020g). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Harefa, D. (2020h). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.

Harefa, D. (2020i). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Harefa, D. (2020j). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.

Harefa, D. (2020k). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116.

Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.

Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta : CV BUDI UTAMA

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Oktaviana, F. (2014). Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1. Skripsi. Semarang. Universitas Negri Semarang

Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html

Subagyo, Heni. 1997. Surat Menyurat. Surabaya: Amelia.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono. Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/

Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media

yam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.

Yustisianisa dan Fatih Arifah, F. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka

Published
2023-09-30
How to Cite
Mastawati Ndruru. (2023). KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA SMP . Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 6(2), 46 - 60. https://doi.org/10.57094/ndrumi.v6i2.1150