PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 TOMA
Abstract
Pembelajaran suatu proses pendidikan yang dapat menumbuhkembangkan keterampilan dan pemahaman manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Toma, tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa rendah atau tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Toma tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 orang, dengan jumlah laki-laki 11 orang dan perempuan 10 orang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru (peneliti) dan lembar observasi aktivitas siswa. Temuan penelitian melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 59,5% dikategorikan kurang dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 8 (delapan) orang atau 38,5% dan yang belum tuntas belajar sebanyak 13 (tiga belas) orang atau 61,5%; (2) pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 72% dikategorikan baik dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 19 (sembilan belas) orang atau 90,7% dan yang belum tuntas belajar sebanyak 2 (dua) orang atau 9,3%. Jadi, hasil belajar siswa tersebut memenuhi kriteria keberhasilan penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya model pembelajaran Course Review Horay digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu mendorong pemahaman dalam kegiatan pembelajaran yang lebih aktif dan efektif.
References
Ahmadi Abu, Nur uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka cipta.
Asrori Muhammad. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka cipta.
Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Dikik dalam Interaksi Edukatif: suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Huda Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Suparlan. 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Susanto Ahmad. 2013. Teori belajar & pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Gee, E., & Harefa, D. (2021). Analysis of Students’ Mathematic Analisis Kemampuan Koneksi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3475
Giawa, L. ; dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DAN AKAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUNPEMBELAJARAN 2021/2022. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 66–79.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., D. (2020a). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatifve Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26.
Harefa, D., D. (2020b). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Index Card Match Di SMP Negeri 3 Maniamolo. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, Darmawan., D. (2022). Aplikasi Pembelajaran Matematika. Penerbit Mitra Cendekia Media.
Harefa. D., D. (2022). Aplikasi & Praktek Kewirausahaan.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.
Harefa, D. (2019). THE EFFECT OF GUIDE NOTE TAKING INSTRUCTIONAL MODEL TOWARDS PHYSICS LEARNING OUTCOMES ON HARMONIOUS VIBRATIONS. JOSAR (Journal of Students Academic Research) URL, 4(1), 131–145. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/i ndex.php/josar/article/view/1109
Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020b). Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Prediction Guide. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 399–407.
Harefa, D. (2020c). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020d). Perkembangan Belajar Sains Dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group.
Harefa, D. (2020e). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.
Harefa, D. (2021a). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Harefa, D. (2021b). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan., 14(1), 116–132.
Harefa, D. (2022a). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D. (2022b). STUDENT DIFFICULTIES IN LEARNING MATHEMATICS. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–9.
Harefa, D., Laia, B., Laia, F., Tafonao, A., Universitas, D., & Raya, N. (2023). SOCIALIZATION OF ADMINISTRATIVE SERVICES IN THE RESEARCH AND COMMUNITY SERVICE INSTITUTION AT NIAS. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 93–99.
Harefa, D., & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329–338. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.329-338.2021
Harefa, D., Ndruru, K., Gee, E., & Ndruru, M. (2020). MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTERGRASI BRAINSTORMING BERBASIS. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 270–289.
Hesti Anjani Wau, Darmawan Harefa, R. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 42–50.
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Cipayung: Gaung Persada (GP) Press.
Nadiarenita, dkk. 2016. Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling,(online), vol . 2, No 1 (http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk) Hal. 18
Nurcahyo, Rizky Tri. 2013. Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Jurnal BK UNESA. Vol. 4, No. 1, (email: prodi bk unesa@yahoo.com). Hal. 314
Prayitno, H dan Amti, Erman. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subana dan Sudrajat M, Rahadi. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung:
CV. Pustaka Setia
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sukardi Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sulistyarini dan Jauhar. 2014. Dasar-dasar Konseling Panduan Lengkap Memahami Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Konseling. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Tim Pengembang MKDP. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Cet. 5. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Yulita, Rintyatini dan S, Yulia C. S. 2006. Bimbingan dan Konseling SMP: Untuk Kelas IX. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.
Sarumaha, M., D. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–50.
Sarumaha, Martiman Suaizisiwa., D. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Digital (Issue 1). CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Supardi, U. . (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. PT. Ufuk Publishing House.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Wasti, S. (2013). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Skripsi. In Skripsi.
Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media.
Yudi Purwono, Sulasmiyati Sulasmiyati, Heni Susiana, Ari Setiawan, Roslaini Roslaini, D. H. (2023). Mengukur sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar: Instrumen pengembangan. Arisen: Assessment and Research on Education, 5(1). https://doi.org/DOI http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v5i1.223
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.
Copyright (c) 2023 Darwin Gaurifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.