IMPLEMENTASI NILAI GOTONG ROYONG DAN SOLIDARITAS SOSIAL DALAM MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KEGIATAN PETANI)“FAKOSI BALAZA” DI DESA NANOWA KECAMATAN TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai gotong royong yang mulai terkikis satu persatu sehingga hanya beberapa wilayah yang masih menerapkan kegiatan gotong royong. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai Bagaimanakah implementasi nilai gotong royong petani dalam kegiatan “Fakosi Balaza” didesa Nanowa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi nilai gotong royong petani dalam kegiatan “fakosi balaza” didesa Nanowa Kecamatan Telukdalam kabupaten Nias Selatan dan untuk mengetahui bagaimana solidaritas masyarakat petani “fakosi balaza” didesa Nanowa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah manusia dalam penelitian sebagai responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) lembaran Interview (wawancara), (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga rangkaian kegiatan (1) Reduksi data (2) Penyajian data, (3) Penyimpulan dan verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai gotong royong pada kegiatan fakosi balaza dilakukan secara bentuk kerjasama dan Fakosi balaza dapat meningkatkan kesetiaan kawanan dalam kelompok masyarakat petani disawah. Peneliti memberikan saran hendaknya gotong royong fakosi balaza dapat diterapkan dengan baik oleh pemerintahan desa untuk membangun budaya gotong royong dalam masyarakat dan hendaknya gotong royong fakosi balaza dapat dimanfaatkan oleh generasi-generasi selanjutnya dari desa nanowa untuk dijadikan bahan dalam pengembangan kemajuan masyarakat secara umum dan petani sawah secara khusus.
References
Abdillah, Baikuni. 2006. Gotong Royong Sebagai Budaya Bangsa. Humaniora Utama: Bandung.
Anantayu, S. 2009. Partisipasi Petani Dalam Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Petani. Jawa Tengah: Institut Pertanian Bogor.
Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Bu’ulolo, S. (2023). PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN JIWA NASIONALISMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONOHAZUMBA KABUPATEN NIAS SELATAN. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 64–75.
Desyana. 2015.Solidaritas Sosial Antar Pedagang Buah Di Pasar Segiri Smarinda. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Doyle Paul Johnson. 1980. Teori Sosial Klasik dan Modern. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Darwin Gaurifa. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Gari, A. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM KELAS XI MIA-B. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).
Gaurifa, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2).
Handoyo, Eko. 2012. Kebijakan Publik. Semarang: Widya Karya.
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Harefa, D. (2023a). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023b). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’INTEREST IN LEARNING AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 112–122.
Jones, dkk. 2009. Pengantar Teori-teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Koentjaningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Laia, J. K. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAMS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 O’O’U TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 28–41.
Miles, Mattheo B, And A. Michael Huberman. 2003. Qualitative Data Analysis Terjemahan, Jakarta : UI-Press.
Miles, Mattheo B, And A. Michael Huberman. 2007. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 2. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maduwu, E. S. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 2 TKJ SMK NEGERI 1 TOMA. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).
Ndruru, D. (2023). ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 LOLOWA’U. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 52–63.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Panjaitan, Merphin. 2013. Dari Gotong Royong Ke Pancasila. Jakarta: Jala Permata Akasara.
Ritzer George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembagan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soehartono, Irawan. 2008.Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.
Zagoto, H., & Harefa, D. (2023). Analisis Peran Guru Pada Proses Pembelajaran.