KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK (NYATA) DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 MANIAMOLO
Abstract
Penelitian ini didorong oleh peran penting guru dalam proses pembelajaran, dimana penilaian diakui secara luas sebagai salah satu dari tiga faktor kunci yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, pengajar, dan siswa yang berjumlah empat orang, yang berperan sebagai informan. Proses pengumpulan data meliputi tiga tahap: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang berbeda: (1) Reduksi data, yang melibatkan proses penyederhanaan dan pemadatan data, (2) Penyajian data, yang melibatkan representasi visual dan komunikasi data, dan (3) Penarikan kesimpulan, yang mengacu pada tindakan untuk memperoleh wawasan yang bermakna dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan data yang telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memperkuat kemampuan guru di sekolah merupakan tujuan utama dalam meningkatkan proses pembelajaran. Para guru menggunakan berbagai metode untuk menumbuhkan antusiasme siswa dalam belajar dan untuk memfasilitasi perolehan evaluasi yang sebenarnya.
References
Bagtayan. 2018. Potre perjuangan masyarakat melayu. Jawa tengah: Lakeisha.
Basrowi, & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Buan. 2020. Guru dan pendidikan karakter. Jawa barat: CV. Adanu Abimata.
Bu’ulolo, S. (2023). PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN JIWA NASIONALISMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONOHAZUMBA KABUPATEN NIAS SELATAN. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 64–75.
Darwin Gaurifa. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).
Dakhi As. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Febriana. 2021. Kompetensi guru. Jakarta timur: PT.Bumi Aksara.
Fathoni. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Gari, A. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM KELAS XI MIA-B. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).
Gaurifa, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Harefa, D. (2023a). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023b). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’INTEREST IN LEARNING AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 112–122.
Laia, J. K. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAMS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 O’O’U TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 28–41.
Martati. 2021. Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan Ptk melalui model pelatihan dan pembimbing tutor teman sebaya. Jawa tengah: yayasana lembaga gumun Indonesia.
Matondang. 2019. Evaluasi hasil belajar. Katalog dalam: yayasan kita menulis.
Maduwu, E. S. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 2 TKJ SMK NEGERI 1 TOMA. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).
Ndruru, D. (2023). ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 LOLOWA’U. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 52–63.
Noor. 2019. Guru profesional dan berkualitas. Jawa tengah: ALPRIN.
Putri. 2021. Model penilaian berbasis hots. Jawa tengah: Lakeisha.
Purwono, Y., Sulasmiyati, S., Susiana, H., Setiawan, A., & Roslaini, R. (2023). The development of an attidude measurement instrument of responsibility for primary school students. Arisen: Assessment and Research on Education, 5(1), 1–9.
S. M. Teluambanua, F. Laia, Y. Waruwu, A. Tafonao, B. Laia, D. H. (2023). Aplikasi Bahan Amelioran Pada Peningkatan Pertumbuhan Padi Sawah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(02), 1361–1368.
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sani. 2006. Penilaian Autentik. Jakarta : PT Bumi Aksara
Siregar & Hatika. 2019. Ayo latihan mengajar, implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumardi. 2020. Teknik pengukuran dan penilaian hasil belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Wiratna, Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Toni Hidayat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Kadek & Dewa. 2019. Merangcang penilaian Autentik. Bali: CV. Media educations.
Pianda. 2018. Kinerja guru, kompetensi guru, motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah. Jawa barat: CV JeJak.
Zagoto, H., & Harefa, D. (2023). Analisis Peran Guru Pada Proses Pembelajaran. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 85–98.