PERAN GURU PPKn SEBAGAI EVALUATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Amilina Laia Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Keywords: Teacher's role; evaluator; student learning outcomes

Abstract

This research aims to determine the role of PPKn teachers as evaluators in improving the learning outcomes of Class X students at SMA Negeri 1 Amandraya for the 2022/2023 academic year. This type of research is descriptive type qualitative research. This research was carried out from June 2 to June 30 2023. Based on the results of the research and discussion that have been obtained, it can be concluded that the role of the teacher as an evaluator of student learning outcomes is that: (1) Subject teachers, especially Civic Education subjects, always carry out evaluations to improve student learning outcomes from three domains, namely affective, psychomotor and affective. and teachers carry out evaluation planning carefully based on the evaluation objectives that have been previously determined, (2) The form of evaluation carried out is by providing several techniques such as test techniques, non-test techniques, observation or observation. With the evaluation, it can be ensured that the output the learning process will be according to plan. This can be seen from the increase in student learning outcomes after taking the final semester exams both in terms of cognitive, affective and psychomotor aspects. The researcher's advice is for teachers at SMA Negeri 1 Amandraya, that their current performance is very good and that in the future it will be even better.

References

Ahmad, Dermadji. 2011. Urgensi Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Unlsiai Vol. Xxxlll No. 74 Januarl 2011.

Alvina, Dian Dkk. 2021. Peran Guru Kelas Terhadap Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 112268 Gunung Lonceng Labuhan Batu Utara. Pionir: Jurnal Pendidikan Volume 10 No 1 2021 P-Issn 2339-2495/ E-Issn 2549-6611.

Amir Farizal Muhammad. 2019. Peran Guru Sebagai Evaluator : Studi Pada Pembelajaran Ppkn Di Ma Hidayatus Shibyan Parit Na’im.

Ardianto. 2017. Peranan Guru Sebagai Evaluator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Smpn 2 Sinjai Barat. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.

BasrowiiDan Suwandi. 2008iMemahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt RinekaiCipta.

Bu’ulolo, S. (2023). PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN JIWA NASIONALISMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONOHAZUMBA KABUPATEN NIAS SELATAN. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 64–75.

Darwin Gaurifa. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Darminto. 2014. Guru Sebagai Evaluator Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sdn 213 Rinjani Kec. Angkona Kab. Luwu Timur. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Palopo

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fadhallah. 2021. Wawancara. Jakarta. Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi)

Gari, A. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM KELAS XI MIA-B. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Gaurifa, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2).

Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). DEVELOPMENT OF A CARTESIAN COORDINATE MODULE TO THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING THE ROUND CLUB LEARNING MODEL ON MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 154–164.

Harefa, Darmawan., D. (2023a). Teori belajar dan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-belajar-dan-pembelajaran-C7IUL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Harefa, D. (2023a). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023b). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’INTEREST IN LEARNING AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 112–122.

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, S. K. (2022). PEMANFAATAN DAUN BANDOTAN (Ageratum conyzoides L.) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA BAWOZA’UA KECAMATAN TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Hasim. Hasniah Dan Muhammad Arsyam. 2020. Teknik Dan Bentuk Evaluasi Hasil Belajar.

Idrus L. 2019. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019.

Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi

Juhji. 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol.10 No.1 Tahun 2016 ISSN 1978-8169

Laia, J. K. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAMS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 O’O’U TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 28–41.

Maduwu, E. S. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 2 TKJ SMK NEGERI 1 TOMA. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Magdalena. 2020. Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains Volume 2, Nomor 2.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta: CV BUDI UTAMA

Ndruru, D. (2023). ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 LOLOWA’U. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 52–63.

Noviantia Erni, Yudi Firmansyah & Erwin Susanto. 2020. Peran Guru Ppkn Sebagai Evaluator Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa.

Rahman Abd. Munandar Asri Sabhayati. Fitriani Andi, Karlina Yuyun Dan Dan Yumriani. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Volume 2, Nomor 1, Juni 2022 Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Alurwatu.

Sanjani, Akbar Maulana. 2020. Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.6, No.1.

Suarga. 2019. Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran. Volume Viii, Nomor 2.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toni Hidayat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 14. Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wau, Yurniati. 2022. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sma Swasta Katolik Bintang Laut. Jurnal Pendidikan Vol. 1–No. 1, Mei (2022),Ipage 16-21.

Wijaya, Hengki. Umrati. 2020. Analisis Data Kualitatif Toeri Kondep Dalam Penelitian Pendidikan.

Zagoto, H., & Harefa, D. (2023). Analisis Peran Guru Pada Proses Pembelajaran. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 85–98.

Published
2023-11-29