ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DAN AKAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUNPEMBELAJARAN 2021/2022

  • Lisatina Giawa
  • Efrata Gee
  • Darmawan Harefa
Keywords: Kemampuan; Konsep Matematis; Bentuk Pangkat dan Akar

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan  kemampuan untuk memahami secara mendalam suatu konsep dengan memberdayakan pikiran yang logis, kritis, kreatif, dan inovatif serta mampu mempertanggungjawabkan suatu konsep. Jenis penelitian: kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk pangkat dan akar di kelas XI SMA Negeri 1 Ulususua. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa yang sudah mempelajari materi bilangan berpangkat dan bentuk akar sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh  peneliti pada setiap indikator dengan memperoleh persentasi dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Menyatakan ulang sebuah konsep 46,72%. 2)Mengklasifikasi objek tertentu sesuai dengan sifatnya 51,78%. 3) Memberikan contoh dan bukan  contoh dari suatu konsep34,55%. 4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis33,98%. 5) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep 19,34%. 6) Menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu19,63%. 7) Mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah 13,39%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dalam memahami soal yang berkaitan dengan materi bentuk pangkat dan akar, mendeskripsikan alur penyelesaian dari permasalahan serta menerapkan konsep bentuk pangkat dan akar secara tepat. Peneliti menyarankan, hendaknya guru memeperhatikan kemampuan pemahaman konsep siswa yang berbeda-beda. Sehingga dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci terhadap siswa yang kurang memahami materi yang diajarkan dan hendaknya penelitian ini dapat menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.

References

Arikunto. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT bumi
Arikunto, Suharsimi. 2017. Edisi Revisi. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya
Emzir. 2012. Metodologi Pendidikan Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hairun. 2020. Evaluasi dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Yokyakarta: CV Budi Utama.
Rifa’i, Safitri, Hidayati, Narimoati, purwandini, Aditya, Alfarizi, Ardiyanto, Fauziah, Ornawati, Abdulloh, Armadhani, Setyaningrum, Afwah, Nur’aini, Saputri, Fitriani, Septiasari, Alfiyansah, Handayani, Marfuah, Afifah, Wicaksono, Oktaviani, Syarifah, Almukholani, Rinayah, Susanti, Gunawan. 2020. 28 Cara senang Belajar Matematika. Mungkid: Rumah Cinta
Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Subagyo. 2006. Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumardjan. 2017. Desain Pembelajara MTK SD Menyenangkan. Semarang: Formaci Press
Sumarmo, Rohaeti, Hendriana. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Triwiyanto. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Askara.
Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Ruko Jambusari.
Sumber dari Artikel :
Novisita Ratu dan Dewi Yuliana. 2018. Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Eksponen Berbasis Teori APOS Pada Siswa SMA Theresiana Salatiga.JurnalMaju.(online)Vol 5. No 1. (MAJU diakses Maret 2018).
Silalahi dan Yunianta. 2016. Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Berpangkat Berdasarkan Teori APOS Bagi Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran III SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017.JurnalPerpustkaanUniversitas Kristen SatyaWacana.(online). (http://library.uksw.edu, diakses 2016).
Prahmana dan Angraini. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma di SMK.JournalOf Honai Math.(online)Vol 1. No 1 pp. (http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/jhm, diakses 1-13 April 2018)
Published
2022-04-25
How to Cite
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DAN AKAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUNPEMBELAJARAN 2021/2022. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 64-77. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>