ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Penelitianinibertujuanuntuk1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial, 2) Mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A yang berjumlah 17 orang. Data dianalisa dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada siswa yang belum mampu mengidentifikasi data yang diketahui dan data yang ditanya pada soal, siswa belum mampu merumuskan permasalahan atau menyusun model matematika, siswa belum mampu menerapkan strategi dalam menyelesaikan permasalahan aritmetika sosial serta siswa belum mampu menafsirkan atau mempresentasikan hasil akhir yang diperoleh.Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah dan siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal terkait permasalahan aritmetika sosial. Hal ini karena, siswa masih belum memahami soal dan cara merumuskan atau menyusun suatu model matematika dari permasalahan kontekstual. Selanjutnya, siswa masih belum mampu menerapkan strategi yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan. Peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran matematika lebih memperhatikan lagi perkembangan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika serta siswa dibiasakan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah.
References
Fitria, R. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 786-792.
Hartono, Yusuf. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hendriana, Heris dan Sumarmo, Utari. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Heris, Hendriana; Fitria, N. F. N., Hidayani, & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49-57.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Lestari, KaruniaEkadanYudhanegara, MokhammadRidwan. 2017. PenelitianPendidikanMatematika. Bandung: PT RefikaAditama.
Makmun, AbinSyamsudin. 2017. PsikologiKependidikanPerangkatSistemPengajaranModul. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Mairing, Jackson Pasin. 2018. PemecahanMasalahMatematika: Cara SiswaMemperolehJalanuntukBerpikirKreatifdanSikapPositif. Bandung: Alfabeta.
Noer, Sri Hartuti. 2017. StrategiPembelajaranMatematika. Yogyakarta: Matematika.
Pujiadi. 2016. Guru Pembelajaran Modul Pelatihan Matematika SMA Kelompok H. Pedagogik: Pengembangan Kurikulum Matematika 2; Profesional:Pemanfaatan Media Pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Siswono, TatagYuliEko. 2018. PembelajaranMatematikaBerbasisPengajuandanPemejcahanMasalah. Bandung: PtRemajaRosdakarya.
WahyudidanAnugraheni, Indri. 2017. StrategiPemecahanMasalahMatematika. Salatiga: SatyaWacana University Press.