ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

  • Hesti Anjani Wau
  • Darmawan Harefa
  • Rohpinus Sarumaha
Keywords: Kemampuan; penalaran matematis; barisan dan deret

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi barisan dan deret. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Toma berjumalah 12 orang siswa. Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis siswa dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas XI SMK Negeri 1 Toma memiliki kemampuan penalaran matematis dalam kategori rendah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak mampu melakukan manipulasi matematika; siswa tidak mampu menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; siswa tidak mampu menarik kesimpulan dari pernyataan; dan siswa tidak mampu menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Melalui penelitian ini, disarankan agar kemampuan penalaran matematis siswa lebih ditingkatkan lagi dengan cara memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan penalaran matematis.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendriana, Heris & Rohaeti, E. Eti & Sumarmo, Utari. 2017. Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Poespoprodjo, W dan Gilarso, EK.T. 2021. Logika Ilmu Menalar. Bandung: CV Pustaka Grafika
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membentu Memecahakn Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.
Subagyo, Joko. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asri. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi penelitian
Triwijayanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Turmudi. 2009. Landasan Filsafat Dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksplaratif Dan Invesgatif. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran Dan pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Sumber dari Internet :
Indriani, L. Fauziah, & Yuliani, Anik & Sugandi, A. Ikin. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Habbits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (online). Vol 4. No 2. (https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika, Diakses tanggal 13 Februari 2021)
Suprihatin, T. Roro & Maya, Rippi & Senjayawati, Eka. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (online). Vol 2, No 1 (http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm, Diakses tanggal 13 Februari 2021)
Yusdiana, B. Indria dan Hidayat, Wahyu. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) (Online). Vol 1. No 3 (http://DOI 10. 22460/jpmi.vli3.409-414, Diakses tanggal 13 Februari 2021).
Published
2022-04-25
How to Cite
Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41-49. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.435