ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELASVIII SMPN 3 MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemilikan kemampuan komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Maniamolo pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif.Informan penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Maniamolo yaitu sebanyak 37 orang siswa.Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum kemampuan komunikasi siswa kelas VIII SMPN 3 Maniamolo berada pada kategori sedang, terdapat 4 siswa (10,81%) berkategori tinggi, 22 siswa (59,46%) sedang, dan 11 siswa (29,73%) berkategori rendah.Adapun persentase kemampuan komunikasi siswa pada setiap indikator yaitu, Written Text (33,00%), Drawing (36,41%), dan Mathematical Expressions (14,44%). (2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa ialah: minat siswa belajar matematika, pengetahuan dasar terhadap matematika, penguasaan dan pemahaman konsep siswa terhadap materi, keaktifan siswa belajar matematika serta guru. Melalui penelitian ini, peneliti menyarankan agar kemampuan komunikasi matematis siswa lebih ditingkatkan lagidengan berlatih mengerjakan soal-soal matematika yang berkaitan dengan komunikasi matematis.
References
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Duha, Timotius. 2014. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hendriana, H., Soemarmo, U., &Rohaeti, E. I. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hendriana, H., &Soemarmo, U. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maulyda, Mohammad Archi. 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH Malang.
Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Virginia: NCTM inc.
Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.
Riyanto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subagyo, P. Joko. 2015. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Jakarta: KencanaPrenadamedia Group.
Umar, Husein. (2002). Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahana, P. 2016. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond.
West, Richard & Turner, Lynn H. 2007.Pengantar Teori Komunikasi (3rd ed.). terjemahan oleh Maer, Maria N. D. 2008. Jakarta: Salemba Humanika.
Pustaka dari Jurnal dan Makalah Seminar
Aminah, S., Wijaya, T. T., &Yuspriyati Devi.2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan.Jurnal Pendidikan Matematika.(Online).Volume 1, Nomor 1.(https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/29, diakses 11 Januari 2021).
Asikin, Mohammad, &Junaedi, Iwan. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam setting pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Journal of Mathematics Education Research.(Online)Volume 2, Nomor 1.(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/1483, diakses 16 Februari 2021).
Elida, Nunun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity.(Online).Volume 1, Nomor 2.(http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/17, diakses 14 Februari 2021).
Isnaeni, & Maya, Rippi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Generatif.Jurnal Pengajaran MIPA.(Online).Volume 19, Nomor 2.(https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36175, diakses 2 Februari 2021).
Izzati, Nur, &Suryadi, Didi. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik.Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 721-729, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta, 27 November 2010.(https://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12/komunikasi_matematik_dan_pmr-prosiding.pdf, diakses 2 Februari 2021).
Noviyana, I. N., Nuriana, R. D., &Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence.PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika).Volume 2, Nomor 1.(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241, diakses 26 Januari 2021).
Pratiwi, Dona Dinda. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender.AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika.(Online).Volume 6, Nomor 2.(http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/28, diakses 11 Januari 2021).
Wijayato, Agus Dwi, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Segitiga dan Segiempat.Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.(Online).Volume 2, Nomor 1.(https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/36, diakses 11 Januari 2021).
Pustaka dari Internet
Hikmatin, Inni. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP 1 WIH PESAM Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan, (Online), (https://www.academia.edu/32133651/PENINGKATAN_HASIL_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VIII_A_SMP_NEGERI_1_WIH_PESAM, diakses 13 Maret 2021).
Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006,(Online), (https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf. diakses 15 Februari 2021).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008, (Online), (https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP4708.pdf, diakses 23 Maret 2021).
Susanah.2014. Strategi Pembelajaran Matematika (Modul 1), (Online), (https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/pema4301-strategi-pembelajaran-matematika-edisi-2/, diakses pada Maret 2021).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, (Online), (https://pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/regulasi/2019/11/12/2019_11_12-03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.pdf, diakses 10 Februari 2021).