HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 SUSUA
Abstract
Permasalahan dalam penulisan ini adalah siswa kurang disiplin waktu, siswa kurang memiliki rasa ingin tahu terhadap mata pelajaran yang sedang dipelajari, siswa kurang kreatif dalam belajar, siswa kurang bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru, siswa kurang menghargai prestasi, siswa kurang mandiri dalam belajar, kualitas pembelajaran matematika belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan karakter dengan pembelajaran matematika. Jenis penelitian adalah jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Susua. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini adalah uji hipotesis memperoleh nilai thitung sebesar 9,547> ttabel 1,678 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pendidikan karakter dengan pembelajaran matematika siswa, hal ini dapat terlihat dari hasil analisis uji korelasional yang menunjukkan bahwa kedua variabel penelitian ini memiliki hubungan dengan kategori tinggi. Penelitian ini menyarankan kepada pihak sekolah diharapkan dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan interaksi positif, dengan membuat organisasi kesiswaan. Hal ini sangat diperlukan karena melalui organisasi sosial remaja bersama teman-teman dapat saling bertukar informasi, memberikan perhatian dan saling memberikan pendidikan satu sama lain yang pada akhirnya dapat membantu dalam proses pengembangan pembelajaran matematika siswa.
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Giawa, L. ; dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DAN AKAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUNPEMBELAJARAN 2021/2022. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 66–79.
Hamalik, O., & Oemar Hamalik. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa. D., D. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14.
Harefa. D., D. (2022). Aplikasi & Praktek Kewirausahaan.
Harefa, D. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.
Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Harefa, D. (2022). STUDENT DIFFICULTIES IN LEARNING MATHEMATICS. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–9.
Harefa, D., Laia, B., Laia, F., Tafonao, A., Universitas, D., & Raya, N. (2023). SOCIALIZATION OF ADMINISTRATIVE SERVICES IN THE RESEARCH AND COMMUNITY SERVICE INSTITUTION AT NIAS. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 93–99.
Harefa, D., & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329–338. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.329-338.2021
Harefa, D., Ndruru, K., Gee, E., & Ndruru, M. (2020). MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTERGRASI BRAINSTORMING BERBASIS. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 270–289.
Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. PM Publisher.
Hernawan, Herry, Asep. 2012. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Irianto, Agus. 2009. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Maunah Masduki. 2014. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, Vol II: 1.
Mariana Suparmo. 2005. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, No. 1 April 2018
Mu’in, Fatchul. 2012. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sarumaha, M., D. (2022). Catatan berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. CV. Lutfi Gilang.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Supardi, U. . (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. PT. Ufuk Publishing House.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
T Hidayat, A Fau, D. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajarn Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 61–72.
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Ruseffendi Suherman. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Yusfita Kumala Dewi. 2015. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, 3(2):1.
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.