PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI SUSU OLAHAN DAN MAKANAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021

PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI SUSU OLAHAN DAN MAKANAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021

  • Wetri Efita STMIK Dharmapala Riau
Keywords: Profitabilitas, struktur aktiva dan struktur modal

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan sub industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Objek penelitian dilakukan pada perusahaan susu olahan dan minuman olahan yang terdaftar di BEI yang berjumlah 27 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal, dan struktur aktiva memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal. hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, dan struktur aktiva secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal

References

Eviani A Dewi. 2015. Pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Dividend Payout Ratio, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. Vol. 11 No. 2.
Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiyah. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Dan Struktur Aset Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Artikel Ilmiah.
Insiroh, L, 2014. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Dan Struktur Aset Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.2, No.3.
Prastika Ni Putu Yulinda dan Made Reina Candradewi, 2019. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Subsektor Konstruksi Bangunan Di BEI. E-Jurnal Manajemen, Volume 8, Nomor 7.
Thaib Ilham dan Dewantoro Acong. Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen, dan Akuntansi.
Wijaya, I.P.A Sucita & Utama, I. M. Karya. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Saham Serta Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.3.
Wirawan P. Artha, 2017. Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas, Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014-2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 9 No. 1.
Published
2023-03-27
How to Cite
Efita, W. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI SUSU OLAHAN DAN MAKANAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021. PARETO : Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 24-30. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/pareto/article/view/831