ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI UD. ONO NIHA OIL DESA SONDREGEASI KECAMATAN LUAHAGUNDRE MANIAMOLO

  • Betty Carolin Hulu UNIVERSITAS NIAS RAYA
Keywords: Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen.

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Virgin Coconut Oil (VCO) di UD. Ono Niha Oil Desa Sondregeasi Kecamatan Luahagundre Maniamolo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Virgin Coconut Oil (VCO) di UD. Ono Niha Oil Desa Sondregeasi Kecamatan Luahagundre Maniamolo. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dimanaY = 3,739 + 1,007X1+ 0,106X2. Jenis data yang digunakan berdasarkan sumbernya adalah data primer, berdasarkan sifatnya adalah data kuantitatif dan teknik pengumpulan data bersifat kuesioner tertutup. Hasil menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial. Secara simultan harga dan kualitas produk mampu mempengaruhi kepuasan konsumen. Dimana nilai R² sebesar 0,806 (80,6%) artinya 81% variabel harga dan kualitas produk dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sedangkan sisanya sebesar 19% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam model.

References

Adi, Albertus. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari). Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Akbar, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Wisata Kampung Kidz Kota Batu). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
Amanah, Dita. 2010. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakaery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis. Volume 2 No. 1.
Anoraga. 2001. Manajemen Bisnis. Cetakan kesatu. Jakarta : Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaraan Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Buulolo, Sorimawati. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Yulusman Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Skripsi. Nias Selatan : Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.
Damodar N. Gujarati. 2007. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta : Erlangga.
Handoko, Hani. 2002. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta. BPFE.
Kotler dan Armstrong. 2007. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indeks.
-----------------. 2005.Manajemen Pemasaran Jasa.Jilid Kesatu. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedua Belas Jakarta: Indeks.
-----------------------. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, R. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek. Jakarta : Salemba Empat.
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta Bumi : Aksara.
Nugroho, P. Eriyanto. 2018. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer (Studi kasus Mahasiswa Unnes Fakultas Ekonomi.Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Nugroho, Christian dkk. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan SFA Steak & Resto di Klodran Karanganuyar. Skripsi. Surakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi.
Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal. Volume 1 (4).
Sangadji & Sopiah. 2013.Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Ahli Bahasa Drs. Zoelkifli Kasip. Jakarta: Gramedia.
Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
STIE Nias Selatan. 2017. Pedoman Penyusunan Skripsi. STIE Nias Selatan. Telukdalam.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sumarni, dkk. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar- Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta : Liberty.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit : Alfabeta.
------------. 2012. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suliyanto.2008. Teknik Proyeksi Bisnis Teori dan Aplikasi dengan Microsoft Excel. Yokyakarta: Andi Offset.
Swastha, Basu & Irawan.2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swashta, Basu. 2010.Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
--------------------. 2006. Strategi Pemasaran.Yogyakarta : Andi.
--------------------. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi.
--------------------. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi ke 2. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi.
Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
------------------. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Umum.
William, Stanton. 1998. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga,
Published
2022-03-25
How to Cite
Hulu, B. C. (2022). ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI UD. ONO NIHA OIL DESA SONDREGEASI KECAMATAN LUAHAGUNDRE MANIAMOLO. PARETO : Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 47-61. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/pareto/article/view/555