PENGARUH KOMUNIKASI DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN KEBUN RAYA PURWODADI PASURUAN
Abstract
This study aims to determine the impact of Communication and Training on the Service Quality of employees at Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. The research was conducted quantitatively with a population of 77 employees. Before the data collection, the questionnaire was tested for validity and reliability. Data analysis was performed using multiple regression analysis. The findings show that (1) Communication has an effect on Service Quality, indicated by a regression coefficient of 0.309 and Tvalue (4.056) > Ttable (1.992), with a significance level of 0.000 < 0.05. (2) Training also has an impact on Service Quality, with a regression coefficient of 0.217 and Tvalue (2.311) > Ttable (1.992), and a significance level of 0.024 < 0.05.
References
Basir, M. A. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Baubau. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah,
Carmiasih, C., & Fitriaty, F. (2022). Pengaruh Pelatihan Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Dimediasi Komitmen Organisasi Pada Juru Pelihara Dan Satuan Pengamanan (Satpam) Di Kawasan Cagar Budaya Muara Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 541–651.
Chairunnisa, D., Hutagalung, S., Kinanti, V., & Situmeang, R. (2021). Pengaruh Komunikasi, Kompetensi, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 186–194.
Edison E, 2010, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Faisal, & Murkhana. (2019). Pengaruh Pelatihan Karyawan terhadap Kualitas Pelayanan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 10(1), 77–85.
Jamalani, DM, R., & Gusti, D. H. (2023). Pengaruh kompetensi komunikasi dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan aparatur pada dinas perhubungan kabupaten kepulauan selayar. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 4(3), 447–460.
Jumawan, Saputra, F., & Prabowo, P. B. (2023). Determinasi Pelatihan Florist dan Kualitas Pelayanan Kewirausahaan Pada Kejutbypugo Kota Bekasi. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(4), 216–227.
Kusmiran, E. (2018). Pelatihan Soft Skills Caring Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Kota Bandung. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 1(2), 72–81.
Limbong, M. G. P., & Nduru, H. A. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Pelayanan Prima melalui Motivasi Kerja di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pak Pak barat. 15(2), 93–98.
Mutunga, S. L. (2022). Effects of Communication On Quality Service Delivery in Mission Hospitals in Meru County, Kenya. International Journal of Business and Management Review, 10(3), 39–50.
Nurcholis, G. (2014). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Terhadap Pelanggan Pada Karyawan PT. Arina Multikarya. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi.
Parasuraman, A., Berry, L. L., & Zeithaml, V. A. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pratiwi, S., Faradila, N., & Iashania, Y. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Nusantara Innovation Journal, 1(1), 28–37.
Rachmadi, A., Hairudin, & Jayasinga, H. I. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor BPJS Ketenaga Kerjaan Lampung I. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 18(3), 239–253.
Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge. 2016. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat
Saraswati, A. B., Hamid, D., & Topowijono. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan Dan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Eco Green Park, Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), 91–97.
Sutardji.2016. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta; Dee Publish.
Ubay Haki. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Ekstra Sempu Kota Serang. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 64–74.
Widianingsih, T., Santoso, D., & Saddewisasi, W. (2023). Pengaruh Pelatihan, Budaya Organisasi Dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Sustainable Business Journal, 2(1), 76.
Widodo. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Wulandari, R. (2017). Pengaruh Komunikasi ,kompetensi pegawai dan keadilan pelayanan Terhadap Kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening pada satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (SATPAS) Polrestabes Semarang. In Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Yolanda, E. S., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Komunikasi Dan Kepribadian Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Driyorejo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(3), 518–535.
Zakiyah, N., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2020). Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 690–703.
Copyright (c) 2024 Arum Widiatul Aini, Adriani Kala’lembang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.