Erasma F. Zalogo PENGARUH PENGELOLAAN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT ONOLALU KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efektifitas kerja pegawai di Kantor Camat Onolalu Kabupaten Nias Selatan. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kearsipan berpengaruh terhadap efektifitas Kerja Pegawai dengan hasil pengujian hipotesis dimana t hitung (4,708) > t tabel (1,701). Kemudian dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear sederhana adalah: Y = 11,072 + 0,288X nilai konstanta (α) adalah sebesar 11,072. Nilai ini mempunyai arti bahwa apabila variabel pengelolaan kearsipan (X) bernilai nol, maka nilai variabel efektifitas Kerja Pegawai (Y) adalah sebesar 11,072. Sedangkan nilai koefisien variabel pengelolaan kearsipan (b1) adalah sebesar 0,288. Nilai ini memiliki arti bahwa setiap terjadi peningkatan nilai variabel pengelolaan kearsipan (X) sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan nilai variabel efektifitas kerja pegawai (Y) sebesar 0,288 dengan asumsi variabel lain dianggap tetap. Artinya, bahwa pengelolaan kearsipan yang tinggi akan menghasilkan efektifitas kerja pegawai yang tinggi pula. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka peneliti menyarankan kepada kepada Pimpinan Kantor Camat Onolalu untuk meningkatkan lagi tentang prosedur penyimpanan arsp, pemeliharaan arsip dan pemusnahan arsip.