Paskalis Dakhi PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGATERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMENDENGANDISTRIBUSI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PENELITIAN PADA KONSUMENPT. HOLLY KADOZ NIASINDO TELUKD
Abstract
Keputusan pembelian konsumenyang mengalami peningkatan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor secara langsung maupun tidak langsung, seperti kualitas produk, harga, dan distribusi produk.Tujuan penelitianini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga,terhadap keputusan pembelian konsumen dengan distribusi produk sebagai variabel intervening. Survey dilakukan kepada konsumen Kadoz di beberapa retailer P& D di kota TelukDalam Kabupaten Nias Selatan dengan kriteria responden yaitu konsumen yang sudah pernah membeli produk Kadoz. Teknik analisis data yaitu analisis jalur (path analysis) model kombinasi.Teknik penentuan sampel adalah teknik non probability sampling yaitu judgment sampling, dengan dasar penentuan sampel adalah konsumen yang secara periodikmengkonsumsi produk Kadoz dalam kemasan.Populasi adalah seluruh konsumen sedangkan sampel adalah 115 orang. Berdasarkan analisis model persamaan substruktur 1, terbukti bahwa kualitas produkberpengaruh terhadap harga. Persamaan substruktur 2 terbukti bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap distribusi produk. Kemudian analisis model persamaan substruktur 3terbukti bahwakualitas produk dan harga, berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen melalui distribusi produk.