Paskalis Dakhi ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI, GAYA HIDUP KONSUMEN DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT BELI ONLINE (PENELITIAN PADA MAHASISWA STIE DAN STKIP NIAS SELATAN)

  • admin admin
Keywords: aktivitas promosi, gaya hidup konsumen, kemudahan bertransaksi dan minat beli online

Abstract

Minat beli online meningkat dalam beberapa tahun ini hal ini terlihat dengan semakin meningkatnya transaksi bisnis secara online. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aktivitas promosi, gaya hidup konsumen terhadap  minat beli online. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa STIE dan STKIP Nias Selatan yang sudah melakukan transaksi online. Teknik analisis data yaitu analisis jalur (path analysis) model regresi berganda. Teknik penentuan sampel adalah teknik non probability sampling yaitu purposive sampling, dengan dasar penentuan sampel adalah mahasiswa yang sudah melakukan transaksi secara online. Jumlah populasi adalah 2700 orang, sedangkan sampel adalah 100 orang. Berdasarkan analisis hasil penelitian secara parsial aktivitas promosi memiliki pengaruh terhadap minat beli online. Sedangkan gaya hidup konsumen berpengaruh secara parsial terhadap minat beli online. Kemudahan transaksi tidak berpengaruh terhadap minat beli online. Secara simultan aktivitas promosi, gaya hidup konsumen dan kemudahan transaksi berpengaruh terhadap minat beli online. Hasil analisis koefisien korelasi antara variabel independen exogenous aktivitas promosi dengan kemudahan transaksi yaitu cukup dan searah, kemudian  analisis koefisien korelasi antara variabel independen exogenous aktivitas promosi dengan gaya hidup konsumen yaitu kuat  dan searah. Kemudian analisis koefisien korelasi antara variabel independen exogenous gaya hidup konsumen dan kemudahan transaksi yaitu cukup dan searah.

Published
2020-07-28
How to Cite
admin, admin. (2020). Paskalis Dakhi ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI, GAYA HIDUP KONSUMEN DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT BELI ONLINE (PENELITIAN PADA MAHASISWA STIE DAN STKIP NIAS SELATAN). PARETO : Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1). Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/pareto/article/view/150