Delimawati Buulolo PENGARUH PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA UD. CINTA KECAMATAN LAHUSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada UD. Cinta Kecamatan Lahusa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian melalui penelitian ini diperoleh persamaan regresi linea Y = 11,146 + 0,520X. Persamaan ini memberikan makna bahwa nilai konstanta (a) sebesar 11,146, ketika variabel pelayanan (X) bernilai 0 (nol), maka variabel loyalitas konsumen (Y) memiliki nilai yang tetap sebesar nilai konstanta adalah 11,146. Nilai koefisien (b) variabel bebas (pelayanan) sebesar 0,520, artinya apabila variabel pelayanan (X) mengalami peningkatan sebesar satu-satuan atau 1%, maka akan dapat meningkatkan variabel loyalitas konsumen sebesar 0,520 atau 52%, dengan asumsi tidak dipengaruhi oleh variabel yang tidak disebut dalam model.