Dionisius Wau PENGARUH PENGELOLAAN KEARSIPAN TERHADAP EFISIENSI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM (PU) KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas pekerjaan umum ( PU) Kabupaten Nias Salatan. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengelolaan kearsipan terhadap efisiensi kerja pegawai dinas (PU) Kabupaten Nias Selatan Selatan berjumlah sebanyak 31 orang pegawai.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Kearsipan(X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efisiensi kerja pegawai yang ditunjukkan dengan nilai thitung (8.674) > ttabel (1,697) dan tingkat signifikan 0,000 <0,05. Dari hasil pengolahan data diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,722 (72,2%) sehingga dapat ditunjukkan bahwa 72,2 % keragaman varibel terikat (efisiensi kerja) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas (pengelolaan kearsipan) sedangkan sisanya 27.8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian diatas maka peneliti menyarankan agar Pengelolaan kearsipan ditingkatkan dengan baik agar efisiensi kerja semakin meningkat kemudian diharapkan kepada pimpinan kantor dinas Pekerjaan Umum (PU) agar memberikan pelatihan tentang cara pengelolaan kearsipan sehingga pegawai memiliki keterampilan untuk meningkatkan efisiensi kerja.