ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM MEMBACA TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LÖLÖWA’U

Guru SMP Negeri 1 Lolowau, Nias Selatan

  • Kasihani Giawa
Keywords: Kesalahan; berbahasa; membaca; teks pidato

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam penambahan fonem dan penghilangan fonem dalam membaca teks pidato. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeksripsikan kesalahan berbahasa dalam membaca teks pidato oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lölöwa’u Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lölöwa’u Tahun Pembelajaran 2021/2022 sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kesalahan penambahan fonem terdapat 6 kesalahan pelafalan dan penghilangan fonem terdapat 21 kesalahan pelafalan yang dilakukan siswa dalam membaca teks pidato yang dibuktikan dengan rekaman video saat siswa membaca teks pidato secara bergiliran. Kesimpulan penelitian adalah kesalahanyang donimannya adalah kesalahan penghilangan fonem, kesalahan tersebut terjadi karena penggunaan pembedaharaan kosakata siswa sangat sendikit, pemahaman tata bahasa masih kurang sehingga setiap ujaran yang diucapkan kurang tepat dan benar, sehingga memengaruhi kemampuan dalam membaca terutama dalam membaca teks pidato. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) Hendaknya guru memberi pemahaman kepada siswa untuk memahami kaidah tata bahasa yang baik dan benar, dan 2) Hendaknya peneliti selanjutnya melaksanakan penelitian ini dengan cakupan materi yang lebih luas, namun perlu memperhatikan kelemahan-kelemahan pembelajaran yang terjadi pada penelitian ini guna mendapatkan sosuli yang lebih baik lagi.

References

Achmad., dan Krisanjaya. 2018. Fonologi Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: PT CV. Jaya Abadi Utama.
Agustina, Leoni., dan Chaer Abdul. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum, Edisi Baru. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamidin, Aep, Syaiful. 2020. Belajar Pidato dan MC Panduan Mudah dan Cepat Memukau Audience dengan Percaya Diri. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia.
Hidayat, Asep, Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
HS, Widjono. 2021. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan di perguruan Tinggi: Jakarta. PT Grasidong.
Krisanjaya, P, H, Achmad. 2018. Fonologi Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: PT. Jaya Abadi Utama.
Mariana, Silvie., dan Darmayanti, Nani. 2007. GetSmart Bahasa Indonesia. Bandung: PT GrafindoMedia Pratama.
Muhsyabur. 2019. Pengembangan Keterampilan Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Jakarta: PT Uniprima Press.
Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nuriadi, H. 2019. Membaca Efektif. Lombok Barat: PT Arga Puji Mataram Lombok.
Parnowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Sugiono. 2017. MetodologipenelitianKualitatif, keantitatif, dan R&D. Bandung. PT. Alfabetacv.
Tarigan, Guntur, Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Hak Cipta.
.1995. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.Bandung: PT Angkasa.
Yuspita, Ristina, Yani. 2020. Cara Praktis Belajar Pidato, MC dan Penyiar Radio. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia.
Yusri, Mantasiah, R. 2020. Analisis kesalahan berbahasa. Yogyakarta: PT Deepublish.
Pustaka dari Skripsi
Saputra, Iman, Wisnu, Aji. 2012. Analisi Kesalahan Diksi Pada Naskah Pidato Bahasa Jawa Siswa SMK Marsudiluhur 1 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wiguna, Muhammad, Zikri. 2020. Analisis Penggunaan Diksi dalam Naskah Pidato Siswa kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra. IKIP PGRI Pontianak.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Published
2023-02-12
How to Cite
Giawa, K. (2023). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM MEMBACA TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LÖLÖWA’U. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 317-326. https://doi.org/10.57094/faguru.v1i2.720