KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA SMP NEGERI 1 TOMA KELAS IX-C TAHUN AJARAN 2021/2022
Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Toma, Nias Selatan
Abstract
Menulis pengalaman pribadi adalah kegiatan yang menuliskan suatu peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, dijalani dan yang dirasakan sendiri dalam kehidupannya. Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa SMP Negeri 1 Toma kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022 belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa SMP Negeri 1 Toma kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Toma kelas IX Tahun Ajaran 2021/2022 dan sampel yang digunakan adalah siswa SMP Negeri 1 Toma kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan tes tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berbentuk tulisan. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dalam penilaian menulis pengalaman pribadi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa dalam menulis pengalaman pribadi memperoleh nilai rata-rata 70,12. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Toma kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022 memiliki tingkat kemampuan yang cukup dengan interval nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65-76 berkategori cukup. Saran yang diajukan peneliti yaitu 1) Hendaknya guru dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk menanamkan keterampilan menulis dalam diri siswa dan guru termotivasi untuk memberikan latihan menulis kepada siswa, 2) Hendaknya dapat menambahkan pengetahuan serta dapat dijadikan sebagai penambah referensi, dan 3) Hendaknya peneliti selanjutnya melaksanakan penelitian iniĀ dengan cakupan materi yang lebih luas, namun tetap memperhatikan kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam penelitian ini guna mendapatkan solusi yang lebih baik lagi.
References
DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2021.
Menulis Kisah Mencatat Sejarah Jilid 7 Magelang: CV. Elaku Sukses Berkemajuan.
Formiatno, Lucas. 2010. Belajar Mendengarkan. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.
Ibda, Hamidulloh. 2020. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa. Semarang: CV. Pilar Nusantara
Mukhlis. 2020. Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta: PT Metaforma Internusa.
Munirah. 2015. Pengembangang Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Simarmata, Janner. 2019. Kita Menulis. : Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV.
Sunaryo, 2019. Aplikasi Statistika Penuntun dan Latihan. Malang: UB Press.
Untoro, Joko & Tim Guru Indonesia. 2010. Buku Pintar Pelajaran SD/MI 5 In 1 . Jakarta: PT Wahyumedia
Wahono & Rusmiyanto. 2009. Siap Menghadapi Ujian Nasional SMP/MTS 2009. Jakarta :Grasindo.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.