ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 FANAYAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Guru SD Negeri Bawolowalani, Nias Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan kata pada karangan deskripsi yang ditulis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama. Sumber data dalam penelitian ini adalah tugas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi (gambar dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian) langkah yang dilakukan penelitian yakni peneliti melakukan interaksi dengan guru mata pelajaran bahasa indonesia, memasuki ruangan, menugaskan siswa menulis karangan deskripsi, mengumpulkan hasil karangan siswa lalu peneliti memeriksa dan melakukan analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Fanayama dengan jumlah 14 orang, terdapat kesalahan penulisan kata ulang, partikel, kata depan, kata ganti, gabungan kata, dan singkatan. Terdapat 12 kasus kesalahan penulisan kata ulang, 2 kesalahan penulisan partikel, 11 kesalahan penulisan kata depan, 6 kesalahan penulisan kata ganti, 1 kesalahan penulisan gabungan kata, dan 7 kesalahan penulisan singkatan. Kesalahan tersebut berupa penulisan yang tidak benar dalam menulisan karangan deskripsi. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 4 Fanayama masih ada yang terdapat kesalahan dalam penulisan karangan deskripsi. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) kepada guru untuk memperhatikan catatan-catatan siswa atau tugas-tugas yang diberikan, serta mengoreksi ketepatan penulisan yang digunakan oleh siswa, (2) kepada siswa atau penulis dapat menuangkan gagasan melalui tulisan dan perlu memperhatikan proses penulisan kata yang benar.
References
Darman, 2014. kemampuan menulis. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Hidayat, 2006. filosofi diskusi. Bandung: PT.Rosdakarya Muda.
Kosashi, 2010. tata bahasa dan sastra. Bandung: Lebenslauf. Irama Widia.
Prihantini, Ainia, 2015. Guru bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT.Library Scenery.
Pranowo, 2014. teori belajar bahasa. Yogyakarta: Perpustakaan Pelajar.
Sugishirono, 2017. Metode Penelitian Bandung: Curriculum Vitae. Alfabet
Karim, Ali. & Hamlan, Kurniawan. 2018. Analisis kesalahan ejaan kata dalam menulis deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Jurnal Bahasa dan Sastra, (Online), Vol.3, No.3, (http://jurnal.untad.ac.id diakses 25 April 2022).
Asmarin. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Esai dengan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDN Inpres 3 Talise. Jurnal Bahasa Antodea, (Online), Vol.4, No.2, (http://jurnal.untad.ac.id diakses 25 April 2022).
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.