KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA SMP SWASTA KRISTEN BNKP TELUKDALAM KELAS IX-2 TAHUN AJARAN 2021/2022

Guru Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia di SMPS Kristen BNKP Telukdalam, Nias Selatan

  • Lince Sulvan Waruwu
Keywords: Kemampuan; menulis; cerita pendek

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemahiran menulis cerpen siswa kelas IX-2 SMA Swasta Kristen BNKP Telukdalam tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif bersifat deskriptif yang merupakan kajian pengembangan nilai numerik untuk mengukur kemampuan menulis cerpen sebanyak 30 siswa kelas IX-2 SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, dan sampelnya adalah siswa kelas IX-2 SMK Swasta BNKP Telukdalam yang berjumlah 30 orang. Tes tertulis dapat berfungsi sebagai alat. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan hasil penelitian dijelaskan secara numerik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kelas IX-2 SMA Swasta Kristen BNKP Telukdalam termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan kategori tersebut, guru bahasa Indonesia harus terus mengasah dan meningkatkan keterampilan tersebut dengan membekali siswa dengan latihan yang cukup dalam pembelajaran cerita pendek. Guru juga harus memberikan pemahaman tentang apa yang harus diperhatikan saat menulis, terutama kalimat pendek dan penilaian. Mengikuti rubrik penilaian cerpen dan penyisipan materi terkait aspek-aspek yang terdapat dalam cerpen, hendaknya siswa meningkatkan kebiasaan menulis cerpen, khususnya cerpen.

References

Abdullah dan Hasanuddin. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nugraheni, Aninditiya Sri. 2012. Penerangan Strategi Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pedagogia.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, cv.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Sumiati. 2020. Bahasa Indonesia. Jakarta. Kementrian Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Published
2023-02-12
How to Cite
Waruwu, L. S. (2023). KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA SMP SWASTA KRISTEN BNKP TELUKDALAM KELAS IX-2 TAHUN AJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 267-275. https://doi.org/10.57094/faguru.v1i2.715