PENGEMBANGAN PENUNTUN PRATIKUM JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS. DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 ARAMO
Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
Abstract
Berdasarkan permasalah yang ditemukan di.SMA negeri 1 Aramo bahwa. proses pembelajaran biologi kelas XI-MIPA khususnya materi jaringan pada tumbuhan masih berpusat pada guru dan belum memiliki penuntun praktikum. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang kurang. termotivasi untuk belajar secara mandiri untuk mememcahkan masalah yang di alami dalam pembelajaran. Penelitian ini. bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum berbasis discovery learning, jenis penelitian ini adalah. penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Penuntun praktikum diuji coba. terbatas kepada 25 siswa. kelas XI-MIPA SMA N 1 Aramo. Dimana hasil yang dilakukan oleh validator dengan nilai 3,7 kategori sangat valid, respon guru terhadap. penuntun praktikum jaringan pada tumbuhan berbasis discovery learning dengan nilai rata-rata 3,55 kategori sangat praktis, uji praktikalitas. oleh siswa dengan nilai rata-rata 3,4 kategori. praktis. Hasil pengamatan motivasi siswa dengan nilai. rata-rata 3,3 kategori tinggi, dan ranah kognitif sebelum menggunakan penuntun praktikum jaringan pada tumbuhan berbasis discovery learning dengan rata-rata nilai 79,08/lulus sedangkan ranah kognitif dengan menggunakan penutnun praktikum jaringan pada tumbuhan berbasis discovery learning dengan rata-rata nilai 85,4/lulus. Maka melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan penuntun praktikum jaringan pada tumbuhan dinyatakan. valid, praktis, dan efektif untuk menunjang hasil. belajar siswa.
References
Amaano Fau, Petra C Sarumaha, D. M. M. (2020). Pengelolaan Sampah Di Tpa Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Menjadi Pupuk Organik (Merk Multi-Vit). Jurnal EDUCATIO Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(3), 92–92.
Arsyad. 2013. Media. Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Azhar. 2011. Media. Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Danhar.1996. Teori-teori Belajar. Bandung : Erlangga.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar & Pembelajaran.
Harefa, D., D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332.
Harefa, D. (2022a). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D. (2022b). STUDENT DIFFICULTIES IN LEARNING MATHEMATICS. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–9
Harefa, Darmawan., Dkk. 2022a. “Aplikasi & Praktek Kewirausahaan.”
———. 2022b. “Aplikasi Pembelajaran Matematika.” : 1.
Harefa, D., Ndruru, K., Gee, E., & Ndruru, M. (2020). MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTERGRASI BRAINSTORMING BERBASIS. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 270–289.
Harefa, Darmawan. 2017. “Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey Pada SMK Swasta Di Wilayah Jakarta Utara).” Horison Jurnal Ilmu Pendidikan dan Lingusitik 7(2): 49–73.
Harefa, Darmawan, Efrata Gee, et al. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 6(1): 13.
Harefa, Darmawan. 2022. “KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.”
Harefa, Darmawan, and Hestu Tansil Laia. 2021. “Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2): 329–38.
Harefa, Darmawan, Kalvininus Ndruru, Efrata Gee, and Mastawati Ndruru. 2020. “MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTERGRASI BRAINSTORMING BERBASIS.” Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 270–89.
Handayani, dkk. 2020. Uji Fitokimia dan Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Kencana Ungu (Ruellia tuberosa). Jurnal Of Chemistry:Vol.3 No 2.
Hariana, A. 2008. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Seri 2. Depok: Swadaya
Hariana, A. 2013. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta:Swadaya.
Harmanto, N dan Subroto. M.A. 2007. Pilih Jamu dan Herbal Tanpa Efek Samping. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
Sarumaha, Murnihati; Dkk. 2022. Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen Di Perguruan Tinggi. Jawa Tengah: Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC.
Sarumaha, M; Harefa, D. (2022). GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT INTEGRATED SCIENCE LEARNING OUTCOMES. Jurnal Ndrumi, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI/article/view/452
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Surur, M., Dkk. 2020. “Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable.” Psychology and Education Journal 57(9): 1196–1205.