UPAYA GURU PPKN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM

Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nias Raya

  • Noriadi Hulu
Keywords: Upaya7guru; sikap toleransi; menanamkan sikap toleransi siswa

Abstract

Penelitian7ini dilatarbelakangi kondisi pelajar terutama di tingkat sekolah menengah atas atau sederajat sangat7mengkhawatirkan karena berbagai penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Sikap menghargai antar7peserta didik dengan peserta didik lainnya mulai menipis, bahkan sikap ini dirasakan juga oleh guru. Toleransi merupakan sikap positif yang dilakukan manusia kepada individu maupun7kelompok lainnya, seperti menghargai dan menghormati orang yang berbeda agama, 7ras, bahasa, suku, budaya dan lain sebagainya. Intoleransi merupakan penyimpangan dari toleransi7yaitu adanya diskriminasi sehingga menimbulkan tindakan-tindakan membeda-bedakan7yang tidak sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”. Pembinaan7atau penanaman toleransi ini sangat diperlukan oleh setiap orang dengan tujuan agar7manusia saling menghormati dan menghargai akan adanya perbedaan dan keragaman7baik itu agama, budaya, ras, suku dan lain sebagainya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian7ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini7adalah kepala sekolah sebagai responden, guru, siswa yang berjumlah 4 (empat) orang, 7sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tahap (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi7dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan (1) Reduksi7data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan7di lapangan, bahwa upaya guru di sekolah adalah salah satu tujuan meningkatkan proses7pembelajaran dalam sekolah, dengan berbagai cara yang dilakukan seorang guru, sehingga7siswa lebih semangat belajar. Di sekolah dan menuruti semua peraturan sekolah mulai dari sikap7toleransi siswa, karena guru adalah sebagai teladan buat siswa dan sebagai pendoman7dalam7proses pembelajaran. Guru juga sebagai senjata buat siswa untuk masa depan, tanpa adanya guru7maka siswa tidak tau arah hidupnya mau kemana karena guru adalah satu satunya yang7memanusiakan manusia menjadi manusia yang hebat dalam dunia7pendidikan.

References

Afrika. 2020. Model Nilai Toleransi Beragama dalam ProsesPembelajaran di SMAN 8 Kota Batam. Bintan: Yayasan Salman Pekanbaru.
Hasbi, Muhammad. dkk. 2020. Menumbuhkan Toleransi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian4Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayat, Rahmat & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pamungkas, Cahyo &Permana.Yogi.Setya. 2020. Intoleransi dan Politik Identitas Kontemporer di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.
Saputra. 2017.Buku Guru: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Supardi. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV ALFABETA.
2007.Metode Penelitian Administrasi: Dilengkapi dengan MetodeR&D. Bandung: CV ALFABETA
Uno, Hamzah. B. & Lamatenggo. Nina. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Memengaruhi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Walidain. 2021. GP ANSOR dalam Pengembangan4Karakter Kebangsaan. Pati: Guepedia.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Evitamala. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama dalam4Menanamkan Nilai Toleransi Antara Umat Beragama Siswa di SMP N 2 Donggo Kabupaten Bima. Skripsi. Makassar: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar
Rajab, Abdul. Wahid. 2018. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Toleransi Untuk Menjaga Kerukunan Antar Ummat Beragama Siswa di SMP Negeri 7 Seko Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Palopo: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAN).
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Published
2023-01-30
How to Cite
Hulu , N. (2023). UPAYA GURU PPKN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 264-271. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i1.666