ANALISIS KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 2 SUSUA

Guru PKn di SMP Negeri 2 Susua, Nias Selatan

  • Idarmawati Laia
Keywords: Komunikasi; guru; siswa; motivasi belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini bahwa terjadinya komunikasi satu arah di mana arah komunikasi berasal dari guru kepada siswa, kurangnya motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan kurang tekun menyelesaikan tugas, cepat menyerah menghadapi kesulitan dan kurang berusaha meraih prestasi belajar yang optimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru dengan siswa dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat, memberikan perhatian, menerima segala keluhan siswa serta memberikan solusinya, guru tidak membeda-bedakan siswa, memberikan rasa nyaman bagi siswa selama belajar, tidak mempermalukan siswa di depan teman-temannya, siap menjadi orang tua bagi siswa, memberikan pujian, mengajak siswa untuk percaya diri dan membimbing siswa. Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Susua cukup baik di mana siswa menjadi berani mengungkapkan pendapatnya, tidak merasa malu menyampaikan keluhannya kepada guru, merasa percaya diri, siswa merasa senang selama mengikuti kegiatan pembelajaran bersama dengan guru, dan siswa menjadi berani berkomunikasi. Saran yang dapat diajukan peneliti adalah 1) hendaknya guru membina komunikasi yang baik dengan siswa, menerima dan respon terhadap keluhan siswa, menjadi orang tua bagi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) hendaknya siswa semakin termotivasi dalam belajar dengan cara memberikan perhatian pada penjelasan guru, aktif dalam kegiatan pembelajaran dan antusias menyelesaikan tugas dan 3) hendaknya peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian yang relevan dengan cakupan yang lebih luas.

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatchurrahman dan Efendi, Yusuf & Purwantini, Agustina dan Isdisusilo. 2012. Strategi Membangun Sinergi Guru dan Orang tua Siswa. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Herrhyanto, Nar dan Hamid Akib. 2009. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian: Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta: PT. Indeks.
Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Maimunawati, Siti dan Alif, Muhammad. 2020. Peran Guru, Orang tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumiati dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B. dan Umar, Kuadrat Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Suatu Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Budiono, Hendra dan Abdurrohim, Muhammad. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Universitas Jambi.
Luqman, Haqi. 2015. Pengaruh Komunikasi antara Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Nurcahyo. 2009. Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009”. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Ziraluo, Yan Piter B. 2022. Pengembangan Penuntun Praktikum Ekologi Hewan Berbasis Penemuan Terbimbing. Biogenerasi Jurnal Pendidikan Biologi (Online), Vol. 7 No. 2.


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Published
2023-01-30
How to Cite
Laia, I. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 2 SUSUA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 253-263. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i1.665