PENGARUH PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X IIS-A DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nias Raya
Abstract
Membentuk kedisiplinan perlu diberikan punishment (hukuman) yang merupakan bagian dari sebuah pendidikan yaitu untuk memperbaiki tingkah laku peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh punishment terhadap kedisiplinan siswa. Jenis penelitian deskriptif melalui metode penelitian kualitatif. Instrumen penelitian adalah angket, populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X IIS-A SMA Swasta Kampus Telukdalam. Hasilpenelitianadalahthitung= 6,281>ttabel= 2,074 atau hipotesis diterima (Ha). Kesimpulan adalahada pengaruh punishment terhadap kedisiplinan siswa kelas X IIS-A di SMA Swasta Kampus Telukdalam. Punishment dapat menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa agar menyadari bahwa setiap tindak pelanggaran memiliki konsekuensi yang harus di pertanggung jawabkan, memperbaiki sikap, perilaku, dan perbuatan peserta didik yang salah kearah kebaikan sesuai dengan nilai dan norma kebaikan. Saran 1) Bagi siswa hendaknya melatih dan membiasakan sikap disiplin di sekolah, dan di rumah, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya tidak hanya pada mata pelajaran tertentu tetapi juga pada mata pelajaran yang lainnya. 2) Bagi guru hendaknya untuk memberi contoh, mengajarkan, mengembangkan, dan membiasakan disiplin kepada siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas serta mentaati tata tetib sekolah. 3) Bagi sekolah hendaknya memiliki berbagai tata tertib yang mampu membentuk, membiasakan, dan menerapkan disiplin belajar siswa, serta memiliki sanksi yang mengikat seluruh warga sekolah apabila melanggar tata tertib sekolah yang telah ditentukan. 4) Bagi peneliti lain, diharapkan mampu merumuskan angket dengan kalimat sederhana sehingga dapat lebih mudah dimengerti oleh siswa, dan mencari sumber pustaka yang lebih banyak, sehingga gambaran, informasi dan masukan tentang pengaruh punishment terhadap kedisiplinan siswa.
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Kompri. 2018. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Moenir, H.A.S. 2018. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian: untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Alfabeta.
Rimm, Sylvia. 2003. MendidikdanMenerapkanDisiplinpadaAnakPrasekolah. Jakarta: PT GramediaPustakaUtama.
Rosyid Moh. Zaiful, Ulfatur Rahmah, dan Rofiqi. 2019. Reward and Punishment Konsep dan Aplikasi Keluarga, Sekolah, Pesantren, Perusahaan, Masyarakat. Malang. PT. Literasi Nusantara.
Schochib, Moh. 2018. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Setiyawati, Budiwibowo, Styaningrum. 2017. Pengaruh Reward and Punishment Program Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Geger. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. (online) Vol 1 No 1. (http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/viel/899/1385, diakses bulan Januari 2022).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sugiarto,Suyati,Yulianti. 2019. Faktor Kedisiplinan BelajarpadaSiswa KelasXSMK LarendBrebes. (online) Vol 12 No 1. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21279, diakses bulan Januari 2022).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group
Tu’u, Tulus. 2008. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grafindo.
Wiyani, NovanArdi. 2014. ManajemenKelas: TeoridanAplikasiuntukMenciptakanKelas yang Kondusif. Jogjakarta: PT. AR-RUZZ MEDIA.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.