ANALISIS PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK TK BALUSE TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN
Guru TK Baluse Telukdalam, Nias Selatan
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan berbahasa anak.Tujuan penelitian.ini adalah.untuk mengetahui.perkembangan berbahasa anak TK Baluse Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Hasil penelitian yang ditemukan adalahperkembangan kemampuan bahasa anak pada aspek bahasa adalah anak yakni perkembangan kemampuan bahasa anak pada aspek kalimat majemuk bahwa pada tahap bahasa konstruksi yang jarang atau kompleks masih terjadi pada anak TK Baluse Telukdalam yang kurang memahami bahasa dan merasa rumit untuk memahami bahasa percakapan. Saran yaitu1) Guru memerlukanmenggunakan.metode.Pengajaran.yang.bervariasi, menggunakan.Media.yang lebih bervariari sehingga anak.didik tidak merasa.jenuh dengan..aktivitas.pembelajaran.setiap hari. 2) Sekolah perlu memenuhi.fasilitas pembelajaran.seperti alat/sumber belajar.bagi anak terutama untuk meningkatkan kemampuan.bahasa anak.
References
Ardiyansyah, iMuhammad. i2020.iPerkembangan iBahasa idan iDeteksi iDini iKeterlambatan iBerbicara i(Speech iDelay) ipada iAnak iUsia iDini.iCetakan iI.iJakarta: iGuepedia.
Arikunto, iSuharsimi. i2010.iProsedur iPenelitian iSuatu iPendekatan iPraktik.iJakarta: iRineka iCipta.
Chaer, iAbdul. i2012.iFonologi iBahasa iIndonesia.iJakarta iRineka iCipta.
___________. i2015.iLinguistik iUmum.iJakarta: iRineka iCipta.
Danim iSudarwan. i2011.iPerkembangan iPeserta iDidik.iPenerbit: iAfabeta iBandung.
Dhiu idkk. i2021.iAspek iPerkembangan iAnak iUsia iDini.iPenerbit: iPT.iNasya iExpanding iManagement.
Hartono iAgung. i2008.iPerkembangan iPeserta iDidik.iPenerbit: iPT.iRineka iCipta iJakarta.
Hidayat, iAsep iAhmad. i2006.iFilsafat iBahasa, iMengungkapkan iHakikat iBahasa, iMakna idan iTanda.iBandung: iPT.iRemaja iRosdakarya.i
Isjoni. i2010.iModel iPembelajaran iAnak iUsia iDini.iBandung: iAlfabeta
Krissandi iApri iDamai iSagita. i2020.iSastra iAnak iIndonesia.iPenerbit: iSanata iDharma iUniversity iPress.
Kosasih, iE. i2009.iTata iBahasa iIndonesia.iJakarta: iCV.iCipta iDea iPustaka.
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mahmud, iIdham. i2019.iTeori iBelajar iBahasa.iPenerbit: iAnggota iIkatan iIndonesia.iBanda iAceh.
Masykouri iAlzena. i2011.iMengasah iKemampuan iBerbahasa idi iUsia i0-2 iTahun.iPenerbit: iDirektoral iPembinaan iPendidikan iAnak iUsia iDini.
Muslich Masnur. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sunarto, iHartono iAgung. i2008.iPerekmbangan iPeserta iDidik.iJakarta: iRineka iCipta.
Ramadansyah. i2010.iPaham idan iTerampil iBerbahasa idan iBersastra idi iIndoneisa.iYogyakarta: iDian iAksara iPress.
Tarigan, iHenry iGuntur. i2011.iPengajaran iAnalisis iKesalahan iBerbahasa.iBandung: iAngkasa.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Samhati. 2019. Kemampuan Berbicara Anak TKBandarlampungTahunPelajaran2011/2012. Jurnal Edukasi Kultura. Vol, 32, No.31.
Sukmawati.2020. Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 2 Palu.Jurnal Bahasa dan Sastra.Vol. 5.No. 1.
Supriani Reni. 2012. Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa.Jurnal Edukasi Kultura. Vol, 32, No.31.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87