KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS XII TKJ SMK SWASTA DARO-DARO BALAEKHA
Guru Bahasa Indonesia di SMK Swasta Daro-Daro Balaekha, Nias Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyimak berita pada siswa kelas XII TKJ SMK Swasta BNKP Daro-Daro Balaekha. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data ialah lembaran kerja siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu mencari nilai rata-rata. Data diperoleh dengan mengumpulkan hasil tes dan wawancara dan menghitung nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak berita siswa kelas XII TKJ SMK Swasta BNKP Daro-Daro Balaekha berupa nilai hasil tes pada tes uji yang dilaksanakan rata-rata nilai siswa yang diperoleh mencapai 41,4 dengan persentase ketuntasan kelas 6,6%. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan pada tabel 4.5, rata-rata hasil kemampuan menyimak berita Siswa kelas XII TKJ SMK Swasta BNKP Daro-Daro Balaekha adalah 41,4 dengan kategori kurang. Nilai siswa tersebut menunjukkan bahwa siswa tidak mampu dalam menyimak berita sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yakni 60. Hal ini terjadi karena kurangnya motivasi dan bimbingan dalam belajar, sehingga siswa masih kesulitan dalam menyimak materi pelajaran yang ada dan perlu ditingkatkan dalam kemampuan menyimak siswa. Disarankan (1) Kepada peneliti selanjutnya, dapat meneruskan kajian ini mengenai menyimak berita, untuk menemukan solusi permasalahan terkait menyimak, (2) Bagi guru, agar dapat  memperhatikan kemampuan siswa,melalui metode-metode pembelajaran yang mudah dipahami hasil menyimak dengan baik, (3) Bagi siswa, agar lebih sungguh-sungguh dalam menyimak, selain proses pembelajaran.
References
Azwardi. 2018. Metode Penelitian. Banda Aceh: Syiah Kuala University
Ginting Lisa Septia Dewi. 2020. Bahasa Indonesia SD 2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Guespedia
Laia, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Nurtika
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mustika, A., dkk. 2020. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press
Rannu, A., dan Kunni,J. 2019. Teknik Mencari dan Menulis Berita. Batangkaluku: Jariah Publising Intermedia
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitia Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish (Group Penerbitan CV Budi Utama
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif, dan R&D). ALFABETA, cv
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif, dan R&D). ALFABETA, cv
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Laia, Riana. 2021. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Amandraya Tahun Pembelajaran 2019/2020.Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Telukdalam
Laia, Yetibae. 2020. Kemampuan Menulis Produser Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran. Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Telukdalam
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Susetyo dkk. 2019. Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Korpus, (Online), Voi. 4. No. 1. (https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8359
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.