ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA RAPAT ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAHDI SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nias Raya
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah prinsip kesantunan berbahasa siswa pada Rapat Organisasi Siswa Intra Sekolah yang tergolong cukup baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa dalam Rapat Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Negeri 1 Lahusa Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena atau gejala yang terjadi disekitar dan yang dapat dilihat. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus OSIS dan siswa SMA Negeri 1 Lahusa Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa santun siswa dalam bertuturan melalui kegiatan rapat OSIS dan dapat dibuktikan dengan hasil penelitian di lapangan. Maka dapat disimpulkan bahwa Analisis Prinsip Kesantunan Berbahasa Siswa pada Rapat Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Negeri 1 Lahusa cukup terbilang baik dan maksim kesantunan terimplementasikan secara menyeluruh namun lebih dominan maksim kesederhanaan banyak terimplementasikan dikarenakan siswa lebih cenderung menyederhanakan setiap apa yang ingin dituturkan dan menghargai setiap kondisi sesama penutur pada rapat OSIS. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) Bagi peneliti supaya mampu mengetahui kesantunan berbahasa siswa baik dikalangan umum dan mampu menjadikan pengembangan ide serta gagasan dalam penelitian, 2) Hendaknya guru mampu menerapkan pembelajaran kesantunan berbahasa dalam bertutur yang baik supaya kesantuna berbahasa siswa semakin baik dan menjadi acuan dalam pengajaran berbahasa yang santun. 3) bagi siswa kiranya makin menumbuhkan pengetahuan baru dalam meningkatkan pengetahuan berbahasa yang berkaitan dengan muatan karakter dalam bertindaktutur. Dan hendaknya peneliti selanjutnya melaksanakan penelitian ini dengan cakupan meteri yang lebih luas lagi, namun perlu memperhatikan kelemahan serta kekurangan pembelajaran yang terjadi pada penelitian ini guna untuk mendapatkan solusi yang lebih baik lagi.
References
Gusti, Fairul dan Fauzi. 2016. Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: Anggota IKAPI.
Mohamad dan Nany. 2020. Kesantunan Berbahasa Dosen dan Mahasiswa Dalam Interaksi Perkuliahan. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Nasir dan Murniati. 2019. Pengantar Manajemen Pendidikan. An1mage
Rully. 2020. Bahasa Indonesia. Banjarmasin: Poliban PRESS
Saputra dan Fitri. 2020. Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: CV KEKATA GROUP
Suhardi. 2013. Pengantar Linguistik Umum. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: CV ANDI OFFSET
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA cv
Tahrim dkk. 2020. Pengembangan Model Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sigli:Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Umar dan Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya
Yuliantoro. 2020. Analisis Pragmatik. Klaten: UNWIDHA Press.
Yunus dan Nawawi. 2013. Organisasi Teori. Majalengka: Universitas Majalengka
Zaenal. 2020. Pemuda Kampung Harapan Indung. Bandung: Guepedia
Djumingin, Anzhari. 2017. Analisis Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Pada Kegiatan Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP NEGERI 12Makasar, (online),http://eprints.unm.ac.id. diakses pada 17 april 2021
Elies. 2013. Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Anntarsantri Putri Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Vol.1 , No. 1, Tahun 2013.
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Pradiptya, Putri. 2013. Penyesuaian diri remaja yang tinggal di panti asuhan(studi kasus pada 2 orang remaja yang tinggal di panti asuhan wisma putera bandung). (online),http://repository.upiedu.ac.id. di akses 17 April 2021, Irlianggaris.2019.kesantunan berbahasa siswa kelas VIII dalam interaksi formal bersemuka pada mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia di SMP Negeri 15 Semarang. Vol. 5, no. 1, Tahun 2019.
Prabowo, fendi.2016. Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Diskusi Kelas Mahasiswa PBSI Universitas Sanata Dharma. Vol. 1, No. 5. Tahun 2016.
Restranda. 2019. Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Wonorejo Kecamatan Umbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Vol. 5, No. 1 , Juli 2019.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.